jump to navigation

Adakah Kehidupan Selain di Planet Bumi? November 20, 2007

Posted by muktihadid in Artikel, Kehidupan, Pendidikan, Planet Bumi.
Tags: , , , , ,
trackback

alamraya.jpg Kita ketahui sampai detik ini bahwa kehidupan manusia berada di planet bumi, sedangkan masih ada planet-planet lain yang berada di dalam susunan tata surya bima sakti. Kenapa di planet-planet lain tidak ada kehidupan? Apa gunanya Allah menciptakan planet-planet lain selain bumi bagi kehidupan manusia? Apakah hanya sebagai penghias jagad raya ini saja, atau ada tujuan lain lagi atas penciptaannya. Sampai hari ini itulah batas pengetahuan manusia.

Untuk mengetahui rahasia terciptanya alam semesta ini sebaiknya mari kita lihat dan observasi Al-Qur’an sebagai Maha Ilmu Kehidupan ini. Allah swt. selalu mengaitkan antara langit dan bumi dalam beberapa ayatnya. Ini menandakan adanya hubungan yang saling terkait erat antara keduanya sebagai sarana tempat kehidupan manusia dan makhluk lainnya. Sejauh ini pengetahuan manusia tentang langit adalah ruang hampa udara yang tak terbatas luasnya, tak berujung pangkal. Sampai hari ini manusia belum mampu sepenuhnya menembus langit dan membuka tabir segala misteri yang menyelubunginya dengan ilmu dan pengetahuan yang dimiliki oleh manusia. Sedangkan pengetahuan tentang bumi, sudah banyak manusia menaklukkannya, mengeksplorasi serta mengeksploitasinya untuk hajat kehidupan manusia, sehingga bumi yang bulat tidak tersekat lagi oleh jarak antara belahan bumi selatan dengan belahan bumi utara. Bumi bagaikan kampung kecil dalam tata surya kita. Sehingga wajar jika manusia ingin menjelajah planet-planet lain untuk hajat kehidupannya, karena memang manusia mempunyai jiwa adventure ingin menjelajahi dan mengembara dimanapun yang belum diketahuinya.

Di dalam Al-Qur’an kata langit disebut sebanyak 300 kali. Sedangkan bumi disebut sebanyak 461 kata. Hanya ada 161 perbedaan jumlah ayat antara langit dan bumi dalam Al-Qur’an, ini menandakan bahwa bumi menempatkan posisi yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Dalam Al-Qur’an disebutkan bahwa manusia pertama diciptakan Allah swt. dari suatu saripati (berasal) dari tanah (Q.S. Al-Mukminuun/23 : 12). Maka wajarlah jika manusia sangat cinta kepada tanah airnya, karena manusia sangat terikat dengan bumi. Bumi adalah pabrik besar pendaur ulang bagi kehidupan manusia, karena dari bumi/tanahlah manusia berasal, lalu dikembalikan lagi ke bumi (wafat) dan akan dibangkitkan lagi dari bumi pada kali yang lain (Q.S. Thaahaa/20 : 55).

Bumi terdiri dari daratan dan lautan yang komposisinya lebih besar lautan dari daratannya yaitu 75% dari permukaan bumi, berarti manusia hidup dikelilingi oleh air sebagai sumber kehidupannya. Tanpa air manusia tidak dapat hidup. Lalu dari mana asalnya air? Dan siapa yang menurunkannya? Air berasal dari langit yang merupakan hasil kondensasi/penguapan air laut, lalu terjadi proses alam maka turunlah air hujan dari langit yang berguna untuk menumbuhkan berbagai jenis tumbuhan dan pepohonan yang kemudian air tersimpan di dalamnya. Lalu siapakah yang menurunkannya? Dialah Allah swt. Yang Maha Pencipta alam semesta ini, karena Dialah sumber segala kehidupan di alam ini (Q.S. Thaahaa/20 : 53 dan Q.S. Al-Mukminuun/23 : 18). Jadi ada beberapa anasir penting yang dapat membuat manusia itu dapat hidup di bumi, diantaranya adalah air (H2O), oksigen (O2), lapisan atmosfer, gaya gravitasi dan cahaya matahari. Unsur-unsur inilah yang menjadi syarat bagi kelangsungan hidup manusia di bumi.

Lalu kalau kita bertanya adakah kehidupan di planet lain? Ataukah ada planet lain yang bisa dihuni oleh manusia dan keturunannya?

Sepanjang pengetahuan manusia sampai detik ini belum diketemukan kehidupan di planet lain selain bumi. Dan sepanjang sejarah peradaban manusia belum ada planet yang didiami manusia selain di bumi. Tapi yang namanya manusia tak pernah puas dengan apa yang sudah didapatkannya, ia terus melakukan eksplorasi melalang tata surya dengan iptek yang dimilikinya, terus menjelajah yang bisa dijelajah, terus mengadakan observasi dan eksperimen-eksperimen tanpa kenal lelah dan putus asa untuk mendapatkan pengetahuan akan kepastian ada atau tidaknya kehidupan di luar planet bumi. Karena sebagian manusia sudah bosan hidup di bumi , ia ingin mencari, menjelajah dan mendiami planet selain bumi untuk dihuni. Sehingga apapun akan dikorbankan, baik itu berupa harta maupun jiwa untuk mendapatkan sesuatu yang dicarinya dan dicita-citakannya yaitu mengungkap rahasia alam semesta ini. Sudah banyak misi yang dilakukan oleh negara-negara maju seperti AS, Rusia, Eropa, Jepang dan Cina untuk menjelajah dan mempelajari benda-benda di luar angkasa sana. Sejauh ini ada yang berhasil dan ada juga yang mengalami kegagalan.

Allah swt. sebagai Sang Khaliq memberikan kebebasan sebebas bebasnya kepada manusia untuk menembus, melintasi serta menjelajahi seantero/penjuru langit dan bumi atau alam semesta ini sekemampuan yang dimiliki oleh manusia, sebagaimana tersurat dalam Al-Qur’an surat Ar-Rahmaan : 33,artinya : “Hai jama’ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus(melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya melainkan dengan kekuatan”.

Mendengar, melihat dan memahami apa yang terdapat dalam ayat tersebut di atas, maka di situlah jaminan dan harapan bagi manusia yang Allah swt. informasikan kepada manusia, bahwa di luar planet bumi ada secercah harapan kemungkinan kehidupan di planet lain, asalkan manusia terus berkesinambungan tanpa putus asa untuk mempelajari, mengolah dan melakukan eksperimen-eksperimen untuk menciptakan suasana kehidupan seperti di planet bumi.

About these ads

Komentar»

1. ayobangkitindonesiaku - November 27, 2007

Ada kehidupan selain di planet bumi yaitu di PLANET HOLLYWOOD …he.. he ….

Rajin nulis yaaa ….

henry budiman - November 8, 2012

ya mungkin aja bro ada kehidupan lain selain di bumi yaitu di planet mars menurut prkiraan gw di planet mars itu ada semacam secret area yang bernama area 69 dan kata banyak orang disana peralatanya sangat-sangat canggih dan juga ada pegembangan nuklir di sana mungkn aja kli ya .

2. Arya - Januari 21, 2008

Terima kasih banyak. Artikel ini bisa jadi referensi buat makalah saya.

3. aile - Maret 13, 2008

maap. kalo bisa, tolong kunjungi juga

http://leonkinkciel.blogs.friendster.com/leonkinkciel_garden/2007/08/kehidupan_lain_.html

pembahasannya tidak jauh berbeda. hanya saja dikemas dengan lebih umum dan logis. agar tidak mengarah ke agama.

terima kasih…

4. fikri - April 16, 2008

bagaimana pula yg di nama kan ufo?
????????????????????????????????????????????????????????????
yg dari dulu menjadi rahasia atau pemikiran orang .
memang tidak ada di katakan dalam al-qur’an, tetapi bukti dan gambaran nya begitu banyak di sajikan.

5. Arief - Juli 7, 2008

kalau malaikat, termasuk ke Makhluk selain Planet Bumi atau berbeda?????
Iblis, Setan, Jin, Leak, Suster Ngesot, dll………………………….

6. dies E.Paryanto - Agustus 2, 2008

assalamu’alaikum.
semoga petunjuk selalu tercurahkan kepada kita semua amin..
ehhmmmm….bagus juga, ehm alhamdulillah aku juga ikut pengajian yang bagus banget mangacu semua tentang Al-Quran,….tolong aku dikirimkan data2 yang terbaru tentang Al-Quran dan Islam yach thanks…

7. didik - September 17, 2008

minta ijin CoPas yach. . . .
trims

8. raharja - Oktober 27, 2008

ass Apapun bisa terjadi karena kehendaknya dan kemajuan iptek yang pesat saat ini

9. maztegh - November 13, 2008

Assalamu alaikum…
Pendapatku, kesimpulan posting diatas terlalu dini karena hanya mendasarkan satu ayat saja. Apalagi ayat itu juga tidak secara langsung menunjukkan akan adanya kehidupan di langit. Hanya perintah untuk “menembus” langit.

Saranku, cobalah gali ayat2 yang lain. Coba buka Surat Ath Thalaq ayat 12: “Allah-lah yang menciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi.”
Bagaimana pendapatmu mengenai ayat ini?
Dan tahukah kamu bagaiman Imam Syafi’i menafsirkan ayat diatas?

Selamat tholabul ilmi.

Mari saling berbagi, please visit my blog: http://maztegh.blogspot.com/
Thanks.

Grek - Februari 16, 2012

Mas,

Baca buku karya Agus Mustofa, bumi juga dibuat 7 lapis dengan mineral mineral dan batuan

salam

heri - November 5, 2012

kalau kita belajar jgn mengacu k manusia,allah sdh menerangkan semuanya d dlm AL_QUR’AN tinggl kita mau mencari dan belajar tdk???coba buka srt 16/89,16/64,42/10. masa manusia lbh pintar dari ALLAH ,krn sy yakin para imam2 dahulu pasti dasarnya hy Al-qur’an krn kbyakan hy mengikuti para nenek2 moyang yg tdk tahu ilmu dan petunjuk sesuai Al qur’an buka srt 31/21 dan 2/170.

10. Mas Nanang Haris - Desember 21, 2008

Ha…ha…….manusia diluar planet pasti ada, karena Adam diturunkan kebumi dari planet lain dan Nabi Ibrahim mi’roj dan Nabi Muhammad mi’roj n nabi Isa-pun juga di mi’rojkan ke planet lain. (Silahkan perdalami Al-qur’an secara kafah) atau Hubungi Kajian Pendalaman Al-qur’an YATAIN SOLO-08122651964

11. kiki kingkong - Februari 3, 2009

Aku kingkong bisa akat yupiter lkwokwokwokwokwokwokw sini aku sumo berat ku 5788700 KG

12. WIDHI, Purwokerto - Juni 22, 2009

Apakah Jin dan Malaikat termasuk abstrak….?
Karena sesuai dengan Ayat Allah dikatakan bahwa urusan ghoib hanya Allah yang mengetahui..?

13. Panji AW - Juli 1, 2009

Pasti ada dong meskipun belum terbukti (suatu saat dech). Buat apa Allah menciptakan alam semesta yg maha luas ini kalo manusianya hanya ada di bumi yg bagai debu di tengah galaksi (coba renungkan).

14. gunawan - Agustus 25, 2009

Ass…..klo bisa ayat-ayat terkait ditampilkan supaya orang bisa jelas, bahwa Al-Quran benar-benar tidak ada keraguan didalamnya…..

15. gunawan - Agustus 25, 2009

ass…..supaya banyak ayat yang ditampilkan sebagai penguat/reference, bahwa Al Quran tidak ada keaguan didalamnya dan dapat jadi petunjuk bagi orang2 yang mencari pencerahan

16. YUliana - September 9, 2009

aduh. . . kehidupan tidak bsa ditebak

17. DWI - September 30, 2009

BAGAIMANA SAYA BISA MENDAPATKAN VCD KAJIAN QURAN YG DISAMPAIKAN OLEH DRS MINARDI MURSID

cool_sword\man - Oktober 17, 2009

kunjungi email saya, insya allah bisa saya kirimkan. waktu dekat saya akan bat website ttg al quran tentunya

18. Sigit PS - Oktober 2, 2009

Mungkin yg dimaksud kehidupan lain selain dibumi yaitu kehidupan antara bumi n langit,kalo itu maksudnya ada yaitu malaikat yg mengitari bumi . Jg sampe terjebak dg khayalan2 seperti di film 2 Holywood,tapi boleh jg manusia meneliti kehidupan planet lain. Hasilnya bs dilihat ,apakah ada kesimpulan dr ilmuwan ttg keberadaan mahkluk lain selain di bumi? silahkan menjawab sendiri……

19. nuning - Oktober 10, 2009

assalamualaikum
dulu saya sudah pernah ikut pengajian ini di al fadilah dan saya tertarik dengan apa yang disampaikan pak min, tapi sayang pengajian itu tidak lama. dan alhamdulillah dengan bantuan teman sekarang saya sudah bisa ikut lagi walaupun lebih banyak ke internetnya.

20. andika - Oktober 22, 2009

wo alah ilmu mu kurang duwur sebelum manusia ada mahluk lain

21. muktihadid - Oktober 26, 2009

Sebelum diciptakannya manusia memang sudah tercipta langit dan makhluk-makhluk lain seperti planet, bintang, galaksi, air, udara, tumbuh-tumbuhan, binatang-binatang dan mineral. Yang kesemuanya itu yang dinamakan alam semesta (Makrokosmos). Sedangkan jasad manusia sendiri diciptakan oleh Allah SWT berasal dari unsur-unsur alam semesta seperti sari pati tanah, air dan mineral-mineral sehingga manusia juga bisa dikatakan sebagai Mikrokosmos.

Dalam artikel ini hanya membahas tentang adakah kehidupan di planet lain? Ataukah ada planet lain yang bisa dihuni oleh manusia dan keturunannya?

Dalam Q.S 7/25, Allah berfirman: “Di bumi itu kamu hidup dan di bumi itu kamu mati, dan dari bumi itu (pula) kamu akan dibangkitkan.

Q.S 7/10. Sesungguhnya Kami telah menempatkan kamu sekalian di muka bumi dan Kami adakan bagimu di muka bumi (sumber) penghidupan. Amat sedikitlah kamu bersyukur.

Q.S 43/10. Yang menjadikan bumi untuk kamu sebagai tempat menetap dan Dia membuat jalan-jalan di atas bumi untuk kamu supaya kamu mendapat petunjuk

Q.S 22/65. Apakah kamu tiada melihat bahwasanya Allah menundukkan bagimu apa yang ada di bumi dan bahtera yang berlayar di lautan dengan perintah-Nya. Dan Dia menahan (benda-benda) langit jatuh ke bumi, melainkan dengan izin-Nya? Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengasih lagi Maha Penyayang kepada Manusia.

Q.S 11/7. Dan Dia-lah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, dan adalah singgasana-Nya (sebelum itu) di atas air, agar Dia menguji siapakah di antara kamu yang lebih baik amalnya[711], dan jika kamu berkata (kepada penduduk Mekah): “Sesungguhnya kamu akan dibangkitkan sesudah mati”, niscaya orang-orang yang kafir itu akan berkata: “Ini[712] tidak lain hanyalah sihir yang nyata.”
[711]. Maksudnya: Allah menjadikan langit dan bumi untuk tempat berdiam makhluk-Nya serta tempat berusaha dan beramal, agar nyata di antara mereka siapa yang taat dan patuh kepada Allah.

Q.S 27/62. Atau siapakah yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi[1104]? Apakah disamping Allah ada tuhan (yang lain)? Amat sedikitlah kamu mengingati(Nya).
[1104]. Yang dimaksud dengan menjadikan manusia sebagai khalifah ialah menjadikan manusia berkuasa di bumi.

Q.S 45/13. Dan Dia telah menundukkan untukmu apa yang di langit dan apa yang di bumi semuanya, (sebagai rahmat) daripada-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berfikir.

Q.S 40/64. Allah-lah yang menjadikan bumi bagi kamu tempat menetap dan langit sebagai atap, dan membentuk kamu lalu membaguskan rupamu serta memberi kamu rezki dengan sebahagian yang baik-baik. Yang demikian itu adalah Allah Tuhanmu, Maha Agung Allah, Tuhan semesta alam.

Jadi kesimpulannya bahwa hanya Bumilah sebagai tempat manusia hidup/sumber penghidupan/menetap, mati dan dibangkitkan dari kuburnya kelak. Dan di Bumilah planet yang sudah ditundukkan untuk manusia sehingga bahtera dapat berlayar di lautan dan melindungi bumi dengan gravitasinya agar benda-benda langit tidak jatuh ke bumi atau bertabrakan dengan bumi. Disamping itu juga bumi adalah sebagai tempat/medan untuk beramal atau beraktivitas baik atau buruk dan sebagai tempat pertempuran manusia dengan hawa nafsunya. Dan menjadikan bumi sebagai tempat yang harus dijaga dan dikelola manusia sebagai khalifah-Nya dengan syariah Allah untuk kesejahteraan hidupnya.
Sedangkan planet-planet lain selain bumi hanya sebagai tempat rekreasi manusia untuk menyadarkan manusia betapa kecil dan lemahnya manusia diantara Maha ciptaan Allah yang besar dan luas agar manusia selalu bertasbih, bertahmid dan bertakbir ke Maharibaan-Nya yaitu Allah Tuhan Semesta Alam.

Panji AW - April 16, 2011

Pak Muktihadid, cobalah anda analisa lagi ayat-ayat Al Qur’an sebelum menyimpulkan. Coba direnungkan ayat-ayat yang berkaitan dengan kata samawat dan dabbah. Samawat tidak bisa hanya diartikan langit karena seperti bumi permisalannya, dan dabbah tidak bisa hanya diartikan rayap karena ada yang berjalan dengan 2 kaki, 4 kaki dan berjalan dengan perutnya. Sedangkan Allah SWT menciptakan dabbah diantara keduanya.
Maaf tidak bermaksud menggurui, tapi demi kebaikan bersama agar kita mendapatkan pemahaman yang secukupnya dari ayat-ayat Al Qur’an.

bintang - Agustus 6, 2011

betul sekali pasti ada sesuatu dibalik kabut (ungkapan tentang misteri)

22. yoyok - Oktober 27, 2009

subhanalloh atas ciptaan yang mana kita meyakini segala sesuatu ada pasti ada asal muasal penciptanya dan kita yakin yang maha besar alloh adalah berkehendak yang penting kita yakin ada iman untuknya insyak alloh selamat

23. Akhmad Yani - November 9, 2009

maha besar Allah dengan segala rencana nya,maha benar Allah dengan se gala ciptaannya,Maha Suci Allah dari semua pra sangka dan pra duga kita.Maha Mulia Allah dengan segala kehendaknya.SAMI’NA WA ATO’ NA ya Dzal Jallalu wal Ikrom.

24. muse - Desember 16, 2009

ada tapi belum ada yang menjelajahi alam semesta

25. andre - Desember 19, 2009

benar ga di planet mars ada kehidupan?

26. K A N I - Februari 4, 2010

Waaahh,.,……aku percaya banged!!!!,….MEmang ALLAH S.W.T lah sang Pengasi lagi maha penyayang.

27. chimenkthebadboy - Februari 28, 2010

kalau memang benar di luar planet bumi ada kehidupan tolong bagi negara2 maju carilah sampai berhasil. dan juga bagi bangsa indonesia jangan cuma makan dan makan.

28. azis - Maret 6, 2010

Pasti ada,,,
Cman Blom ada Bukti..
.
Tp emang bnar kan,,tdk mngkin Alloh SWT menciptakan Alam Smesta sbgitu luasnya cman hanya untuk manusia d bumi doang..
.
udh pnasarn jd tambah penasaran..
eh,,, duh… jd merasa kcil-kciiiil bngeeet di mata Alloh…

29. joe nedd - Maret 13, 2010

trus di planet lain Nabi nya siapa ?
kitab sucinya nya apa?

mudah²an kita ngga usah ketemu mereka(mahkluk dari planet/galaksi lain itu).
KITA BELUM SIAP MENTAL
gak percaya ??
silakan renungkan ini:
Dengan sesama manusia yg jenisnya sama pun .. “kita” masih suka bertentangan, gara²berbeda pendapat, beda partai, beda warna kulit, beda status sosial,berbeda madzhab, beda agama.. manusia jadi gelap mata.. membantai manusia lainnya.

jikapun akhirnya kita ketemu mahluk asing itu.. semoga kita maupun mereka udah sama² lebih MAJU dalam hal menghargai Nilai² PERIKEHIDUPAN tsb.

30. slamet - Maret 17, 2010

ada tuh….diplanet mars….cari aja viideo di you tube ..ini video katanya dari nasa…
ada hutan, ada bangunan, ada saluran air , bahkan ada seperti humanoid….

31. Arman Fauzani - Maret 18, 2010

TERUSALAH BERMIMIPI /BERUSAHA UNTUK MERAIH MIMPI UNTUK MENCARI KEHIDUPAN DI PLANET LAIN.WALU ENTAH KAPAN INI AKAN TERJADI .TAPI DNG USAHA MUMGKITERJADI (USAHA DAN BERDOA KEPADA ALLOH S.W.T.

32. kiki aja - April 9, 2010

allah telah menciptakan bumi untuk kita hidup di sana.
thx, atas artikelnya.
bagus bgt. :)

33. iwan - Mei 16, 2010

klo msal’a dluar planet bumi.. ada khdpan n makhluk bumi bz hdup d sna.. pgin tu hdp d sna aja.. al’a d planet ini dach kena pemanasan global…kwkwkwkwk

34. den joko - Mei 27, 2010

1. kehidupan di planet lain mungkin ada, tapi kita tak tahu yang hidup disana mikroorganisme, hewan, tumbuhan atau bahkan manusia.

2. penciptaan planet2 yang tdk bisa ditempati manusia tidaklah sia-sia. planet2 itu sebagai magnet penyeimbang/pengikat/penyetabil antar planet.. coba bayangkan jika di sistem tata surya matahari tidak ada venus, mars atau jupiter.. tentu bumi tempat kita hidup akan tersedot ke matahari atau terlontar jauh ke luar sistem tata surya

halelujah - Juli 5, 2010

betul-betul .. setuju saya

heri - November 5, 2012

untuk masalah alam semesta itulah bukti k agungan Allah yg maha besar,tetapi lbh pnting lg apakah kita sudah benar dalm memilih suatu keyakinan,krn ALLAH itu satu, hukumnya juga satu,jgn sampai kita menyakini suatu agama yg tdk ada tuhanya.dalam memilih suatu keyakinan hrs berdasarkan logika dan perlu di analisa sesuai petunjuk kitab yg ada

35. fuad - September 19, 2010

tuhan ciptakan bumi untuk manusia.walaupun tuhan tahu manusia akan merusaknya.belum cukupkah semua anugrah yang Ia berikan.mari kita jaga bumi kita.hentikan perang,pleace,dah cukup semuanya.jangan sampai tuhan mengambil semua itu.

36. fuad - September 19, 2010

manusia adalah tokoh sentral dalam sebuah drama yang diciptakan oleh Allah SWT.malaikat diciptakan untuk mengawasi kita.iblis diciptakan untuk menggoda kita.alam semesta diciptakan untuk kita tinggali.semua muanya untuk manusia.surga untuk kita.neraka untuk kita.tumbuhan,hewan,sayuran,buah2an.semua buat manusia.belum sadarkah bahwa kita sangat istimewah di mataNya.adakah makhluk lain seberuntung kita?jawablah hai bani adam!!!!!!

37. tiktua - Oktober 20, 2010

semua itu rahasia Allah…..manusia hanya di tuntut untuk menggali dan menggali lagi apa yg belum di ketahui untuk kelanjutan hidu generasi berikutnya

38. guntur - Januari 8, 2011

semua itu adalah rahasia allah SWT..!
blom ada yg bisa menandingiin na..!!

39. rio - Januari 13, 2011

tapi masalahnya ….apakah manusia sanggup menembus jagat raya dengan kecepatan cahaya……
dan dapat bertahan lama di luar bumi tanpa oksigen

40. Rohmat Rohman - Januari 24, 2011

jadi kesimpulanya gimana nih,, adakah kehidupan selain di bumi…???
Aku blum mendapatkan jwban yg jelas.,

41. a.hanifa - Februari 25, 2011

Ada atau tidaknya kehidupan selain di bumi hanya ALLAH yang tau,manusia hanya mengimani bahwa ada kehidupan selain manusia (malaikat) yang tinggal di alam semesta ini/ selain di bumi,tetapi perlu di ingat bahwa tempat tinggal manusia itu hanya di bumi sesuai dengan nash alquran,wallohu a”lam….

42. a.hanifa - Februari 25, 2011

tempat tinggal spesies manusia hanya di bumi,sampai sekarang belum ada bukti bahwa manusia bisa tahan di planet lain dengan resiko bahaya radiasi matahari atau yang lainnya..

43. nydy - Maret 20, 2011

adda or taqc nch ?
bingunggg

44. JAmTO - April 1, 2011

a.hanifa !!!! mungkin juga orang diplanet lain/bumi lain juga mengatakan seperti saudara,padahal kalau saudara percaya 100 % banyak ayat dalam Al-qur’an memberi isyarat bahwa ada kehidupan lain di planet lain. Gimana Ya,? sekarang manusia dibumi kita injak ini hanya berfikir n mengedepankan kehidupan dunia, kalo kita mau merobah pola pikir kita, kita prioritaskan kehidupan akhirat pasti akan berfikir secara universal n mengacu kurikulum Alloh yaitu Al-qur’an. Karena buku ini petunjuk bagi manusia (hudalinas) n so…………..Salam

45. budi wahono - April 8, 2011

alamat kajiannya yang rutin dimana ya

yatmo - Desember 13, 2011

apakah sudah dapatkan infonya?

46. Desta Reese - Juni 10, 2011

saya yakin berdasarkan akal pemikiran kenapa planet-planet di ciptakan begitu banyak,pasti ada penghuninya,cuma kemungkinan besar mereka hidup disana berdasarkan dimensi lain misalnya mars yg hanya tinggal puing2 padahal mereka masih ada, ALLAH telah memberi batas kepada kehidupan di antara planet-planet berdasarkan demensi agar penghuni antar planet tidak kelihatan satu sama lainnya seperti alam kita dan alam Gaib bangsa jin.

dody - Juli 28, 2011

bukan dimensi lain tapi sedimensi dgan kita, klo dimensi lain berarti ya jin,

47. jagad dicha - Oktober 6, 2011

semua planet pasti ada isinya.. mungkin aja belum di temukan karena keterbatasan kita semua..

48. hary - Desember 7, 2011

subhanallah sepertinya pada mulai goyah imannya sudah jelas kehidupan sampai akhir zaman tertulis gamblang.kehidupan akan berakhir dibumi ini tidaklah mungkin manusia selain rasul dapat menjelajah sejauh mungkin dari bumi.

49. yatmo - Desember 13, 2011

mari kita taddabur lebih lanjut ayat-ayat yang dijaga sendiri oleh Allah penguasa jagat. dalam QS 65/12 ayat waminal ardy mitslahuna dan dari bumi permisalannya, kemudian pada 22/18 telah sujud orang-orang di samawat dan di bumi namun di bulan, matahari bintang tidak ada manusia yang sujud.
kmdian 3/83 telah Islam orang-orang disamawat dan di bumi secara patuh dan terpaksa

nah pertanyaan untuk Departemen Agama dan ICMI dlm rangka pengkajian Al-Quran, matahari diterjemahkan, bulan diterjemahkan, bintang diterjemahkan, bumi juga. TETAPI KENAPA PLANET TIDAK ADA? apakah Allah Lupa atau kita kurang paham

rizal - Juli 14, 2012

artikel ini bisa menunjukan kebesaran allah

50. nova njetak - Oktober 24, 2012

asalm …..kulonuwun.tok ..tok..tinggal yang pnting ibadah… prinsip ku gini… hidup ibadah.beriman makan bekerja minum. maen.nglayap.facebook an..sholat..berbuat baik tidur..pagi bersih2 dan mati..udah ngga usah mikir ada kehidupan pa ngga nya.. saya sndiri mengakui… cita cita astronout..tapi ngimpi..maat aja ngga bisa..cuman pngen pnelitian..liat liat pemandangan..turun ke bulan.. ntar pindah galaxy.. nyari planet laen.. ngambil tu fto fto..ntar d uplod di fb..liat warna warna luar angkasa.. menuju langit fool mentok ..paling akhrir.. ya skian itu mimpi.. yang pnting.. yuk kita berbuat baik.. sholat..ibadah.. dah makasih..
suwun njih..
pareng riyin..
asalamalaikum

51. rf - Mei 24, 2013

Apa mungkin yg dimaksud “bumi” itu bukan cuma planet bumi,tapi mungkin saja lebih tepat disebut daratan,di planet ini ataupun planet lain (pars prototo)?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • November 2007
    S S R K J S M
        Des »
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    2627282930  
  • Kategori

  • Arsip

  • Tulisan Teratas

  • Pos-pos Terakhir

  • Komentar Terakhir

    muktihadid on Misteri Lembing si Kutu H…
    muktihadid on Balada motor keluaran 200…
    G. Dadyanto on Balada motor keluaran 200…
    Risda on Misteri Lembing si Kutu H…
    Awan on Sekolah Murah Berkualitas Tak…
  • Blog Stats

  • Klik tertinggi

  • Meta

  • ALWAQTU KASYOIF

  • Pengunjung

    Locations of visitors to this page
  • Ikuti

    Get every new post delivered to your Inbox.

    %d bloggers like this: