jump to navigation

Balada motor keluaran 2003 Desember 5, 2007

Posted by muktihadid in Artikel, diary, motor 2003, Umum.
trackback

Motorku bernama Honda Karisma 125D, ku beli September 2003. Pada awalnya sih enak sekali ku taiki setiap hari untuk membantu aktivitas keseharianku. Namun seiring berjalannya roda kehidupan sudah tidak terasa sampai hari ini usianya sudah menginjak kurang lebih empat tahun lebih. Sebagai motor yang pertama kali bertipe bebek dengan 125 cc dan spedometer digital, sangat anteng sekali jika sudah berada di jalan raya, larinya kencang banget, sampai-sampai mataku kelilipan kalau ga pakai kaca mata atau helm yang berkaca, irit lagi.

Tak terasa dalam jangka waktu dua tahun lebih, kilometer di spedometer motorku sudah mentok ke angka 100.000 km. Awalnya aku kira angkanya bisa kembali lagi ke posisi angka 0, namun setelah ku tanyakan pada bengkel yang pertama ku datangi yaitu AHAS, ku tanya padanya, kok mentok sih ga berubah-ubah angkanya, jawabnya tunggu saja sampai seminggu, nanti juga akan berubah sendiri. Ku tunggu-tunggu sampai dua minggu, eh kok ga berubah-ubah juga. Akhirnya aku penasaran, ku datangi bengkel AHAS yang lain di tempat saudaraku bekerja. Untungnya montirnya tahu bagaimana caranya agar spedometernya kembali ke angka 0. Katanya, spedometernya harus di copot untuk sementara diganti spedometer milik bengkel AHAS yang sudah dipotong jarumnya. Untuk pengurusannya diminta fotocopy STNK dan spedometernya yang nantinya akan dibawa ke bengkel Astra Pusat di Sunter untuk di reset selama seminggu pengurusannya. Setelah ku tanya berapa biaya pengurusannya, katanya gratis. Setelah kutunggu selama seminggu dan ku datangi bengkelnya, eh ga taunya ada yang ketinggalan syarat-syaratnya, yaitu harus ada gesek nomor rangka motor. Akhirnya motorku di gesek nomor rangkanya dan langsung diserahkan ke saudaraku yang bekerja di bengkel AHAS itu untuk di serahkan ke kantor Astrea Pusat. Seminggu lagi baru bisa diambil lagi kesini kata saudaraku. Untuk sementara berhari-hari motorku masih memakai spedometer honda karisma yang di pinjamkan dari bengkel.

Seminggu kemudian aku datangi lagi bengkel AHAS tempat bekerja saudaraku, dan ternyata sudah jadi di reset, spedometer honda karismaku sudah kembali ke angka 0. Dan ku tanya apakah ada honda karisma yang lain yang sudah mentok angka spedometernya ke angka 100.000 km seperti motorku, jawabnya belum ada, dan baru motorku saja yang sudah mentok dari pemakai honda karisma 125D se p.Jawa? gilakan, kemana aja tuh motor di bawa.

Sejauh ini motorku baru satu kali turun mesin, 4 kali ganti ban luar depan dan belakang, satu kali ganti kulit cover stang depan, 3 kali ganti aki kering, 4 kali ganti rantai, 3 kali ganti lampu sen, 3 kali ganti lampu depan, 6 kali ganti kampas rem belakang, 2 kali ganti rem cakram.

September lalu STNK motorku sudah jatuh tempo, setelah di urus oleh tetanggaku perpanjangan STNKnya ternyata ada problem, nomor seri motorku selama ini salah karena hurup belakangnya B … JO bukan nomor seri motor tapi nomor seri mobil. Kesalahan administrasi ini bukan salahku, tapi salah dari pihak kepolisian, akhirnya seharusnya selesai satu hari, molor sampai seminggu. Rugi ongkos dah gw motor nganggur ga bisa jalan karena BPKB, STNK dan nomor seri harus diganti dan dirubah walaupun seharusnya satu tahun lagi pembuatan nomor seri baru. Kini seri nomor motorku berubah menjadi B … TMK

Sebagai motor yang mengawali 125 cc tipe bebek dan berspedometer digital, disamping ada kelebihan tentu ada juga kekurangannya. Tak nyamannya adalah joknya yang keras walaupun sudah diganti busanya, sehingga kalau berjam-jam mengendarainya terasa pantat jadi panas dan pinggal pegel. Ditambah lagi kulit setang yang gampang pecah dan kulit lampu belakang yang retak kalau sudah lama usia pemakaiannya sehingga menimbulkan suara ketika motor sedang berjalan.

Namun dari itu semua aku bersyukur masih punya motor yang dapat membantu aktivitasku dan keluargaku. Mudah-mudahan awet bisa jadi barang antik di kemudian hari.

Iklan

Komentar»

1. Agus Susanto - April 7, 2009

Sebenarnya saya juga mengalami Hal yang sama seperti anda, Motor saya Kharisma 125D juga, Warna Hitam silver, Keluaran Pertama kalinya tahun 2002 bulan 10, sudah kurang lebih 2 tahun yang lalu angkanya mentok di 999999.99 bukan di 100.000 deh, tapi saya diamkan saja awalnya saya bongkar sendiri gak ada resetnya. aku pikir wah harus kebengkel neh, biaya lagi-biaya lagi….makanya setiap aku servis ke AHASS lupa mau tanya resetnya gimana..?? jadi males deh. sampe sekarang….
Emang motor neh enak buat jalan kenceng.. Pernah mentok sampe 115 km/jam, Tapi sekarang belum pernah mentok lagi kisaran jalannya 80 ~ 100 km/jam, sampe sekarang pula belum pernah turun mesin, hanya ganti Ban 5 X, aki 4 X, rante + gir 5 X, lampu depan 1 X, Batok depan 2 X, spak board depan 1 X, shock belakang 1X, lainnya masih jreng….he..he…motor buat muter 2 jabotabek, jogja 2X, madiun 2 X.

2. dhia - Oktober 12, 2009

tetap honda grand selalu di hati

3. antog - Desember 22, 2010

.cara nge-reset kilometer.ny kuk rumit banget ea…??

4. G. Dadyanto - Januari 13, 2014

motorku baru mencapai pentokan KM 99.999,9 i pada tgl 10 Jan 2014 padahal usianya sudah 10 th lebih (sejak Juni 2003) untuk mereset aku bawa ke MTM honda di jl.Basuki Rahmat Malang, sama bagian ngecek karyawan MTM orangnya tua di tarik ongkos minimal 100 – 200 rb, saya nggak mau, karena gak bawa uang dan ku pikir GRATIS, INI ADALAH KESALAHAN HONDA TAPI DILIMPAHKAN KE KONSUMEN, Honda takut rugi, takut mlarat, mending konsumen aja yang MELARAT.

muktihadid - Januari 13, 2014

Waduh lama sekali usia reset mesin kilometernya mas hingga 10 th, pasti dipergunakannya seputar kota saja ya. Wah mahal sekalinya bea resetnya, sewaktu saya masih GRatis tis tis, mungkin krn hal itulah maka seri Supra X-125 Helm-in kembali mesin kilometernya Manual

5. whytwokey - September 29, 2015

pengalaman…..karisma 12 tahun speedo 99999,99 mentok. dibawa ke AHASS pusat….ternyata gak bisa direset…krn udah patent…..warnanya ijo, hrus ganti spedometer, AHASS udah nggak ngeluarin……kalo yg warna putih bisa direset…..ternyata…spidometer honda bisa kadaluwarsa jugak….pusingggg..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Desember 2007
    S S R K J S M
    « Nov   Jan »
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930
    31  
  • Kategori

  • Arsip

  • Tulisan Teratas

  • Tulisan Terakhir

  • Komentar Terbaru

    muktihadid di Misteri Lembing si Kutu H…
    Ajeng di Misteri Lembing si Kutu H…
    Ketchupz Bowo di Kenapa Hari Ahad dirubah Menja…
    Justinus Henry di Misteri Lembing si Kutu H…
    Ahmad samarin Hasibu… di Misteri Lembing si Kutu H…
  • Blog Stats

  • Klik tertinggi

  • Meta

  • ALWAQTU KASYOIF

  • Pengunjung

    Locations of visitors to this page
  • %d blogger menyukai ini: