jump to navigation

Hutan Mangrove Benteng Pertahanan Alami Bagi Negara Kepulauan Desember 21, 2007

Posted by muktihadid in Artikel, humaniora, hutan, lingkungan, sosial.
trackback

Indonesia merupakan tempat hutan mangrove atau bakau terbaik dan terluas di dunia, yaitu sebesar 4,5 juta hektar dari 18 juta hektar luas hutan mangrove dunia. Ini juga menunjukkan bahwa Indonesia memiliki hampir seperempat hutan mangrove dunia. Selain itu, mangrove juga berguna secara fisik, biologis, dan sosial ekonomi.

Secara Fisik

Tumbuhan bakau bisa menahan abrasi pantai, intrusi air laut, menurunkan gas CO2 di udara, serta menahan air pasang laut ke daerah pesisir pantai.

Secara Biologis

Mampu menghidupi biota laut seperti ikan, kepiting, juga banyak burung.

Secara Sosial Ekonomi

Hutan mangrove bisa dijadikan obyek wisata alam dengan pemandangan yang indah. Buah bakau juga bisa dijadikan sumber pangan seperti emping, dodol, juga sirup.

Namun, kini hutan mangrove kondisinya sangat memprihatinkan sekali. Banyak yang sengaja dirusak atau ditebangi untuk areal pembangunan rumah mewah, dan akibat dari perilaku sebagian manusia-manusia bodoh yang tidak mengerti keseimbangan alam akan berubah dengan dirusaknya hutan bakau yang berakibat mendatangkan malapetaka bagi penduduk yang bermukim di daerah pesisir pantai. Dan kini segala bencana mulai menggilas negara-negera kepulauan seperti Indonesia, terjadinya pemanasan global, banyak pulau kecil yang tenggelam, daerah pesisir pantai terendam banjir akibat air pasang laut , yang semuanya adalah contoh bencana yang terbentang di depan mata.

Jika hutan mangrove tidak segera di reboisasi secepatnya dan dijaga kelestariannya, maka tunggulah saatnya negara kepulauan Indonesia tinggal kenangan sejarah yang terhapus dari peta dunia.

Iklan

Komentar»

1. gilank - Desember 25, 2007

tolong kasih tahu gimana cara membudidayakan mangrove donk…
saya butuh banget nih..tapi saya kurang tahu caranya..
tolong jelasin proses penanamannya…
bisa kirim ke email saya nggak???

Ass, Wr.Wb.
Terima kasih atas atensinya kepada mangrove.

Caranya mudah. Apabila Anda sedang pergi berjalan-jalan di pesisir pantai, dan kebetulan menemukan buah mangrove-panjang (propagul), coba lakukan hal sederhana berikut ini:

Ambil
Ambil dan pilih propagul yang matang, dicirikan dengan adanya lingkaran cincin berwarna kuning, di bagian bawah buahnya (bagian paling atas, berwarna coklat).

Tanam
Bukalah buahnya, lalu tanmlah dua pertiga bagian propagul ke tanah. Pastikan propagul tertanam dengan baik. Kalau ada potongan bambu dan rafia, tanamlah bambu (ajir) di samping propagul, lalu ikat dengan tali rafia. Cara ini lebih baik untuk melindungi mangrove Anda dari gelombang yang sewaktu-waktu bisa merobohkannya.

Pelihara
Jangan lupa pelihara mangrove Anda, dengan cara kembali lagi ke pesisir, untuk sekedar melihat perkembangannya. Lakukan ini, minimal selama 3 bulan, setelah Anda selesai menanamnya. Pastikan, mangrove Anda dalam keadaan baik.

Dengan tiga langkah ini, Anda telah menyelamatkan mangrove. Biarkan mangrove hidup dan menjalankan fungsinya dengan baik. Selamatkan mangrove kita. SEKARANG! Kalau bukan kita yang peduli dengan mangrove, mau siapa lagi?

Dan kalau Anda ingin tahu lebih banyak lagi tentang mangrove klik http://kesemet.blogspot.com. Jawaban atas pertanyaan Anda juga saya kutip dari situs tsb.
Selamat bergabung menyelamatkan mangrove sekaligus menyelamatkan negara kepulauan Indonesia tercinta!

2. epriyanti - Februari 28, 2008

maf ya pak,,sya mau nanya, potensi ekonomis apa saja yang dimiliki oleh hutan mangrove?? dan ada gak masalah yang dihadapi selama ini yg berkaitan dengan peningkatan potensi dari hutan mangrove itu sendiri??? terima kasih,,
tlg bals ke email sya ya,, mkci,,

3. kesemat - April 22, 2008

Salam kenal. Salam MANGROVER!

4. nurro - Juni 10, 2008

salam lestari………………..!!!
Hijau Bumi Alam Lestari……………………………!!!
Sepakat…………………………….!!!
Ekosistem pesisisr emang perlu dijaga………bro…….
How To do it???
menurut saya, menumbuhkan kesadaran akan pentingnya mangrove bagi keseimnbangan alam terutama lingkungan pesisir hal yang pertama dan utama kita lakukan. nah…..selama ini, untuk melakukan pendekatan kemasyarakat terutama masyarakat pesisir yang cenderung berkarakter keras amat susah bro……saya bersama teman2 di Green Community mencoba mengupayakan hal tersebut dengan pendekatan secara ekonomi. hal ini didorong karena orientasi masyarakat kita cenderung memilih hal2 yang bermanfaat langsung terutama dalam bentuk ekonomis. nah yang perlu kita cari ialah bagaimana menggali dan mengembangkan potensi tanaman mangrove secara ekonomi? sebagi suatu kawasan yang menyatu ekosistem pesisir pantai banyak manfaatnya, pertama sebagai sarana ekowisata, kedua; dengan memanfaatkan tanaman mangrove sebagai bahan makanan bisa berupa sirup, dodol, emping, bahan obat-obatan, agar-agar. ya….ternyata emang betul tanaman mangrove bisa dijadikan obat karena tanaman mangrove mengandung zat astrigin…..ok bro…….cayo………………………..

5. serangan fajar - Juli 15, 2008

thanx ya informasinya pak!
ini akan jadi bekal saya sebagai info terhadap masyarakat kepulauan natuna. awal agustus nanti saya akan terjun ke pulau natuna, tujuannya ingin mengetahui seberapa besar masyarakatnya untuk peduli terhadap ekosistem laut dan pesisir laut di daerahnya itu.

kami teman-teman Ikatan Pelajar Kab. Natuna di Yogyakarta, membentuk panitia “Bulan Bakti”. Agenda kegiatan tahunan ini sudah berlangsung dua kali. Tahun ini ambil tema “kembali ke laut”

Pak, kalau ada info yang lebih lanjut mengenai hutan mangrove, terumbu karang,rumput laut,penyu dsb… ijin diberitahu ya Pak!
send to e-mail “aad_leosmile18@yahoo.co.id”

salam lingkungan hidup!
Fuad, ketua panitia Bulan Bakti ke-2


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Desember 2007
    S S R K J S M
    « Nov   Jan »
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930
    31  
  • Kategori

  • Arsip

  • Tulisan Teratas

  • Tulisan Terakhir

  • Komentar Terbaru

    muktihadid di Misteri Lembing si Kutu H…
    Ajeng di Misteri Lembing si Kutu H…
    Ketchupz Bowo di Kenapa Hari Ahad dirubah Menja…
    Justinus Henry di Misteri Lembing si Kutu H…
    Ahmad samarin Hasibu… di Misteri Lembing si Kutu H…
  • Blog Stats

  • Klik tertinggi

  • Meta

  • ALWAQTU KASYOIF

  • Pengunjung

    Locations of visitors to this page
  • %d blogger menyukai ini: