jump to navigation

Bola Salju Itu Subprime Mortgage Januari 25, 2008

Posted by muktihadid in Artikel.
trackback

Dunia sungguh sedang terguncang. Kejatuhan saham di Wall Street, Amerika Serikat, terus berlanjut dan mengimbas ke pasar modal seluruh dunia. Keterkaitan ekonomi dunia menyebabkan efek berantai tak terhindarkan. Kita tahu kasus kredit macet subprime mortgage menjadi pemicu gejolak ekonomi dunia sekarang ini. Kegagalan lembaga-lembaga keuangan dan perbankan AS untuk mengelola kredit perumahan secara prudent menyeret dunia dalam guncangan finansial mahadahsyat.

Sejak kasus tersebut muncul sekitar pertengahan tahun lalu, tidak ada yang bisa menduga seberapa besar kerugian yang harus dihadapi. Sistem transaksi keuangan dunia yang semakin canggih dan rumit membuat kondisinya sulit diprediksi. Sekarang semua borok itu satu persatu bermunculan.

Tiga paragraf di atas adalah TAJUK RENCANA, KOMPAS, RABU, 23 JANUARI 2008, yang mengilustrasikan kondisi ekonomi dunia yang terguncang mahadahsyat akibat kasus subprime mortgage di AS.

Kita ketahui bahwa AS adalah leader penerap ekonomi kapitalis liberal yang mumpuni, AS dengan pengaruh politiknya berusaha secara terang-terangan atau terselubung mensosialisasikan sistem ekonomi kapitalis liberal ini ke seluruh dunia. Lalu apa yang terjadi saat ini, kita pun sudah sama-sama tahu. Bola salju Resesi Ekonomi Dunia menghantui seluruh penghuni bumi ini. Harga-harga dari minyak bumi sampai dengan kebutuhan pokok saling berlomba bergejolak naik. Bila kondisi ini terus bergulir dan tidak ada solusi yang dapat mengatasinya, gejolak politik dan keamanan dunia akan terimbas juga nantinya. Nah kalau sudah begini kondisinya, apa yang akan terjadi selanjutnya?

Kasus subprime mortgage di AS, menunjukkan kepada dunia, betapa rapuh dan bobroknya sistem ekonomi kapitalis liberal yang di bangga-banggakan oleh masyarakat Barat. Selama ini sistem ekonomi tsb membuat kaya sebagian kecil negara atau individu, dan memiskinkan sebagian besar negara atau individu. Sehingga jurang antara si kaya dan si miskin terbelah begitu lebar,kondisi ini dimanfaatkan negara-negara kuat dan maju untuk mengatur dan menyetir negara-negara berkembang dan miskin. Ketidakadilan kondisi ekonomi ini sudah berlangsung hampir kurang lebih tigaperempat abad.

Bumi bulat selalu berputar tiap detik, ada kalanya ada yang di atas, ada kalanya ada yang di bawah, begitulah hukum alam. Subprime mortgage adalah bola salju yang menggilas dan menimbun para tuan-tuannya. 

Iklan

Komentar»

1. Bad Mortgage - Januari 25, 2008

semoga Indonesia tidak mengalami krisis subprime mortgage juga.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Januari 2008
    S S R K J S M
    « Des   Feb »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    28293031  
  • Kategori

  • Arsip

  • Tulisan Teratas

  • Tulisan Terakhir

  • Komentar Terbaru

    muktihadid di Misteri Lembing si Kutu H…
    Ajeng di Misteri Lembing si Kutu H…
    Ketchupz Bowo di Kenapa Hari Ahad dirubah Menja…
    Justinus Henry di Misteri Lembing si Kutu H…
    Ahmad samarin Hasibu… di Misteri Lembing si Kutu H…
  • Blog Stats

  • Klik tertinggi

  • Meta

  • ALWAQTU KASYOIF

  • Pengunjung

    Locations of visitors to this page
  • %d blogger menyukai ini: