jump to navigation

Filosofi Pohon Solusi Perdamaian dan Kesejahteraan Dunia April 16, 2008

Posted by muktihadid in Artikel, hikmah, humaniora, Opini, renungan, sosial, Umum.
trackback

Perdamaian dan Kesejahteraan adalah kondisi yang sangat diharapkan dan diimpikan oleh semua manusia yang terlahir ke dunia. Ia sudah menjadi tujuan universal bagi masyarakat dunia sepanjang peradaban manusia yang beradab. Kenapa ada peradaban manusia yang beradab dan ada juga yang tidak beradab? Itulah manusia, dalam dirinya ada bakat menjadi orang yang baik dan bijaksana melebihi malaikat, namun ia juga punya bakat menjadi orang yang jahat dan biadab melebihi binatang. Semua itu tergantung didikan awal lingkungan dimana ia tinggal.

Jika saja kita mau merenung beberapa menit dalam perjalanan hidup kita, bahwa Allah swt. telah membuat satu makhluk ciptaan-Nya yang begitu sangat bermanfaatnya bagi kelangsungan hidup manusia khususnya, ia adalah POHON. Kita harus banyak belajar dari kehidupan pohon.

Sebagaimana manusia, pohonpun ada yang baik dan buruk.

Pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) ke langit, pohon itu memberikan buahnya pada setiap musim dengan seizin Tuhannya (Q.S. 14/24-25).

Pohon adalah lambang persatuan dengan bersatunya akar, batang (cabang) dan buah, sehingga dengan bersatunya tiga unsur tersebut bermanfaatlah pohon bagi kehidupan manusia dan semua makhluk.

Persatuan adalah modal dasar dalam membangun suatu masyarakat dunia yang damai. Selengkap dan sedetil apapun suatu aturan atau hukum, seluas dan sesubur apapun wilayah tanah suatu negeri, dan sebanyak dan berkualitasnya suatu rakyat, tidak akan berarti apa-apa dan hanya sia-sia saja manakala tidak mampu menyatukan dan memanage ketiga unsur tersebut. Oleh karena itu persatuan adalah harga mati yang tidak bisa ditawar-tawar lagi dan menjadi syarat mutlak untuk terciptanya perdamaian bangsa-bangsa secara domestik, regional maupun internasional.

Sehingga dengan terciptanya perdamaian secara merata maka akan terciptalah kondisi yang aman untuk melakukan segala aktifitas berbagai kegiatan dari segi politik, ekonomi, sosial, pendidikan dan budaya yang nantinya akan membuahkan kesejahteraan yang merata di semua kawasan dunia.

Jadi filosofi pohon adalah Tauhid. Bersatunya akar, batang dan buah dalam satu ikatan sistem yang baku dan sangat erat tidak dapat dipisahkan bernama POHON. Contohnya jika kita menginginkan menikmati buah kelapa, maka kita harus menanam akar kelapa sehingga akan tumbuhlah cabang atau batang kelapa sebagai tempat untuk memproses sari-sari makanan yang diserap oleh akar dari tanah, dan kemudian kita akan menikmati buah kelapa yang keluar dari cabang-cabang pohon kelapa. Sepertinya ungkapan ini sederhana, namun kalau dipahami lebih dalam lagi, bahwa semua keberhasilan dan kesuksesan di dunia ini adalah karena satunya antara niat, ucapan dan perbuatan. Sehingga timbullah kejujuran dalam hati, lisan dan amal, yang merupakan kunci bagi terciptanya perdamaian antar pribadi, golongan, suku, agama, bangsa bahkan umat manusia seluruhnya. Sebagaimana pohon yang memberikan buahnya kepada siapapun tanpa pandang bulu, begitulah buah perdamaian dari bersatunya umat manusia dalam hidup berkesetaraan di dunia akan menciptakan kesejahteraan yang melimpah dan merata bagi segenap umat manusia penghuni jagad raya bahkan makhluk hidup lainnya pun akan merasakan juga.

Iklan

Komentar»

1. dian iswandaru - September 14, 2009

Aslkm.pohon adalah makhluk yang luar biasa, tidak pernah berfikir untuk mendapat sesuatu untuk yang telah diberikan. satu lagi yg membuat saya sgt terkesan dgn pepatah “semakin tinggi pohon, maka akan semakin kencang angin yg akan menerpa”. untk manusia bisa dianalogikan semakin tinggi keimanan (taqwa) manusia, maka akan semakin berat cobaan yg datang (QS.2:286). batang pohon dapat kita analogikan sebagai iman, dedaunan dapat kita analogikan sebagai amanah kita di bumi. So…. untuk dapat bertahan dari terpaan angin (cobaan/masalah) mutlak dibutuhkan batang (akar,dsb)/iman (taqwa) yang kuat. sehingga amanah dapat tertunaikan, semakin besar pohon itu tumbuh (baik akar, batang, tajuk : dedaunan)/iman & taqwa, maka akan semakin banyak m’beri manfaat kepada makhluk lain. syukron….Wss…

2. Ria Amala Sari - Februari 2, 2010

Satu kata yg menarik&membuat saya mengunjungi situs ini; Tauhid.
“Filosofi pohon = tauhid”. Saya baru memahami apa itu filosofi pohon dari artikel ini. Pohon adalah kesatuan dari bagian2-nya yg bekerjasama hingga menghasilkan sebuah produk multifungsi untuk seluruh makhluk.
Mungkin setelah ini saya akan menempel gambar sebuah pohon di dinding kamar saya, agar setiap kali saya melihatnya, saya akan termotivasi untuk terus berusaha menghasilkan sebuah produk dari diri saya, yang bermanfaat untuk orang lain !!

3. CHELOT JHENGGOT - Februari 4, 2010

lalu bila kedamaian yang di interprestasikan dalam sebuah pohon!!
lalu kenapa manusia bertindak melebihi batas alamnya??
seprti:
1.etika ketatakramaan elit politik yang dilupakan.

2.ketidak-adilan, kerakusan, kebencian (holliganisme sepakbola dinegri kita) menjadi bayangan yang selalu muncul.

3.tanggung jawab dan amanat yang selalu diingkari.

4.saling bunuh yang mencerminkan manusia sebagai bianatang.

apakah ini sudah kodrat untuk menjadi kholifah di muka bumi ini??

muktihadid - Februari 5, 2010

@ CHELOT
MANUSIA BERTINDAK MELEBIHI BATAS ALAMNYA DIKARENAKAN TIDAK MENERAPKAN FILOSOFI POHON ATAU TIDAK BERTAUHID DALAM KEHIDUPANNYA. SEBAGAIMANA TERLIHAT BAHWA SEGALA BENCANA KEBANJIRAN, KEKERINGAN, PEMANASAN GLOBAL TERJADI KARENA EKOSISTEM POHON DIHANCURKAN SECARA SISTEMATIS, HUTAN DIBABAT HABIS TANPA KONTROL REBOISASI YG TEPAT, BANYAK LAHAN HIJAU BERUBAH FUNGSI MENJADI TEMPAT INDUSTRI DAN PEMUKIMAN. MAKA JANGAN SALAHKAN ALAM BEREAKSI NEGATIF KEPADA MANUSIA. OLEH KARENANYA POHON DICIPTAKAN OLEH SANG PENCIPTA ADALAH UNTUK MEMAYUNGI KEHIDUPAN MANUSIA DI BUMI INI AGAR KEHIDUPANNYA NYAMAN ADEM AYEM. SEBAGAIMANA AJARAN TAUHID DITURUNKAN ALLAH KEPADA MANUSIA UNTUK MENJADI RULE OF LIFE AGAR KEHIDUPANNYA DAMAI SEJAHTERA (ISLAM). MAKA DIUTUSLAH MANUSIA DIJADIKAN KHALIFAH DI BUMI DG TAUHID SEBAGAI LANDASAN IBADAHNYA AGAR KEHIDUPANNYA SELAMAT PENUH KEDAMAIAN DAN KESEJAHTERAAN DI DUNIA & AKHIRAT.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • April 2008
    S S R K J S M
    « Mar   Jun »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    282930  
  • Kategori

  • Arsip

  • Tulisan Teratas

  • Tulisan Terakhir

  • Komentar Terbaru

    muktihadid di Misteri Lembing si Kutu H…
    Ajeng di Misteri Lembing si Kutu H…
    Ketchupz Bowo di Kenapa Hari Ahad dirubah Menja…
    Justinus Henry di Misteri Lembing si Kutu H…
    Ahmad samarin Hasibu… di Misteri Lembing si Kutu H…
  • Blog Stats

  • Klik tertinggi

  • Meta

  • ALWAQTU KASYOIF

  • Pengunjung

    Locations of visitors to this page
  • %d blogger menyukai ini: