jump to navigation

10 Langkah Mendidik Berpikir Kritis April 21, 2008

Posted by muktihadid in Anak Balita, humaniora, Pendidikan.
trackback

Ajarkan anak untuk berpikir kritis sejak dini. Hal ini akan membuatnya mandiri dan bermanfaat bagi kehidupannya kelak. Simak langkah-langkahnya.

1. Ajukan pertanyaan
Jangan menjawab setiap pertanyaan. Sebaliknya, tanyakan pendapatnya atas pertanyaan yang diajukan oleh anak. Dengan mengajukan pertanyaan, pembicaraan Anda dan anak akan terstimulasi.

2. Jangan mengeritik
Kritikan dapat mengurangi rasa percaya diri. Anak akan merasa mereka gagal atau mengecewakan orangtuanya jika mereka dikritik. Cari cara lain untuk mengoreksi masalah yang ditimbulkan anak. Si kecil tak akan mau berkomunikasi bila ia merasa tidak mendapat dukungan dari orangtuanya. Tanyakan pendapat putra-putri Anda, bagaimana mereka akan melakukan tugas yang diberikan padanya. Katakan, mereka telah melakukan tugas dengan baik, dan tanya bagaimana cara menyelesaikannya.

3. Hargai pendapat anak
Anak Anda bukanlah Anda. Walaupun sulit bagi Anda untuk menerimanya, adalah wajar dan sehat bagi seorang anak untuk memiliki pendapat sendiri. Anak-anak yang mempunyai pandangan sendiri serta yakin dan berani dalam mengutarakan pendapatnya, biasanya kurang suka ikut-ikutan dalam geng, atau tidak mudah “takluk” bila mendapat tekanan dari temannya.

4. Ajarkan merangkul perbedaan
Beri dukungan pada anak agar belajar mengenai perbedaan budaya dan etnis. Anak yang mendapatkan informasi yang jelas dapat mengerti dan menghormati nilai yang dimiliki oleh orang lain.

5. Ajarkan menjaga milik pribadi
Anak-anak perlu mengenal privasi dan milik pribadinya. Mereka perlu diajarkan untuk menghormati privasi mereka sehingga ia pun akan belajar menghormati privasi orang lain.

6. Beri lingkungan penuh kasih
Anak-anak tumbuh berkembang di dalam lingkungan di mana mereka tahu bahwa mereka dicintai dan dihargai. Ingatkan mereka setiap hari bahwa Anda mencintai dan mendukung mereka.

7. Mengerti proses berpikir
Agar dapat menjadi pembela yang benar bagi anak, Anda harus tahu dan mengerti bagaimana gaya/cara anak belajar. Apakah dia termasuk kreatif, logis, musikal, spatial, interpersonal, atau naturalis? Anda harus mengenali kemampuan anak, menerima, serta memberikan dukungan atas kreativitasnya.

8. Biarkan ia berpikir untuk diri sendiri
Dukung anak untuk berpikir mandiri. Biarkan ia mengambil keputusan yang disertai dengan alasan yang tepat untuk dirinya. Berikan anak cukup ruang untuk mengambil keputusan, namun Anda tetap di sisinya untuk mengantisipasi bila rencana tersebut tidak berjalan mulus.

9. Ajarkan mengendalikan stres
Bantu anak secara efektif tentang bagaimana cara menghadapi stres. Coba untuk tidak memberikan kontribusi pada stres yang mereka alami dengan tuntutan dan harapan yang tidakk realistis. Ciptakan suasana belajar yang menyenangkan.

10. Ajarkan yakin pada instingnya
Agar anak berhasil di dalam kehidupan, dia harus belajar cara mempercayai keputuan yang diambilnya. Ia harus yakin dengan insting dan perasaannya. Anak-anak yang yakin dengan dirinya biasanya jarang terjerumus dalam perilaku yang tidak sehat.

(NOVA)

Iklan

Komentar»

1. kaito724 - April 22, 2008

Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
http://www.infogue.com/
http://www.infogue.com/pendidikan/10_langkah_mendidik_berpikir_kritis/

2. Katrina - Oktober 5, 2010

coba lebih komplit langkah2 berpikir kritis, coz, kami kelsulitan buku sumber di Perguruan TInggi. Maksh tas bantuannya.

3. asamlambung - September 28, 2011

menarik. jika dari kecil sudah diajari berpikir kritis, generasi mendatang sangat potensial bagi indonesia


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • April 2008
    S S R K J S M
    « Mar   Jun »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    282930  
  • Kategori

  • Arsip

  • Tulisan Teratas

  • Tulisan Terakhir

  • Komentar Terbaru

    muktihadid di Misteri Lembing si Kutu H…
    Ajeng di Misteri Lembing si Kutu H…
    Ketchupz Bowo di Kenapa Hari Ahad dirubah Menja…
    Justinus Henry di Misteri Lembing si Kutu H…
    Ahmad samarin Hasibu… di Misteri Lembing si Kutu H…
  • Blog Stats

  • Klik tertinggi

  • Meta

  • ALWAQTU KASYOIF

  • Pengunjung

    Locations of visitors to this page
  • %d blogger menyukai ini: