jump to navigation

Tidur Sehat dan Nyenyak November 15, 2009

Posted by muktihadid in Artikel.
trackback

Sama seperti kebutuhan makan dan minum, tidur juga merupakan kebutuhan dasar manusia agar dapat berlangsung hidup. Para ahli menyarankan kebutuhan tidur sebaiknya dipenuhi sekurang-kurangnya delapan jam setiap hari.
Jangan remehkan masalah yang satu ini karena tidur bukan hanya sekedar memejamkan mata dan terlelap. Tidur pun haruslah berkualitas agar tubuh dapat menjadi bugar dan siap untuk kembali beraktivitas. Nah, untuk mendapatkan tidur tidur yang berkualitas sehat dan nyenyak, ada beberapa hal yang patut Anda ketahui.
Pertama, jadikanlah kamar tidur hanya sebagai tempat tidur dan beristirahat. Jangan tergoda untuk membawa pekerjaan Anda ke kamar tidur, apalagi mengerjakannya di atas tempat tidur. Singkirkanlah benda-benda yang dapat mengganggu perhatian, seperti TV atau laptop. Tempat tidur dan bantal yang nyaman juga patut dipilih agar tubuh merasa nyaman serta tidur pun nyenyak.
Kedua, bebaskan diri dari segala aktivitas minimal 30 menit sebelum Anda beranjak ke kamar tidur. Mengkonsumsi gula dan karbohidrat sebelum tidur sebaiknya tidak dilakukan. Hindari juga minuman yang mengandung kafein sekurang-kurangnya 8 jam sebelum tidur karena dapat meningkatkan kerja jantung sehingga membuat tubuh tidak rileks. Namun, minum susu dan mandi air hangat sebelum tidur akan sangat membantu Anda dalam melangkah ke dunia mimpi.
Ketiga, cobalah untuk tidur sesuai jadwal. Naik ke tempat tidur pada waktu yang sama setiap harinya akan menciptakan suatu kebiasaan bagi tubuh Anda, sehingga tidak perlu menunggu waktu lama untuk terlelap. Minimalkan jumlah cahaya yang ada di kamar tidur, semakin gelap ruangan akan semakin baik. Musik penghantar tidur seperti suara air dan ombak dapat diputar dengan volume yang rendah untuk meningkatkan kualitas tidur.
Keempat, manfaatkanlah saat-saat tenang sebelum tidur dengan aktivitas ringan yang menyenangkan sekaligus menenangkan seperti menulis buku harian atau membaca buku spiritual keagamaan. Hal ini akan memberi perasaan yang damai, membuat pikiran pun menjadi tenang.
Terakhir, ciptakan suasana kamar yang nyaman. Jangan menaruh terlalu banyak barang sehingga membuat kamar tidur terasa sumpek dan berantakan. Usahakan kamar tidur selalu dalam keadaan rapi dan bersih dengan sirkulasi udara yang baik.
Dengan melakukan cara-cara di atas, niscaya Anda pun dapat tidur dengan sehat dan nyenyak. Selamat mencoba. [LYA]
Kompas, Kamis, 12 November 2009

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • November 2009
    S S R K J S M
    « Okt   Jan »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    30  
  • Kategori

  • Arsip

  • Tulisan Teratas

  • Tulisan Terakhir

  • Komentar Terbaru

    muktihadid di Misteri Lembing si Kutu H…
    Ajeng di Misteri Lembing si Kutu H…
    Ketchupz Bowo di Kenapa Hari Ahad dirubah Menja…
    Justinus Henry di Misteri Lembing si Kutu H…
    Ahmad samarin Hasibu… di Misteri Lembing si Kutu H…
  • Blog Stats

  • Klik tertinggi

  • Meta

  • ALWAQTU KASYOIF

  • Pengunjung

    Locations of visitors to this page
  • %d blogger menyukai ini: