jump to navigation

Misteri Lembing si Kutu Hitam Juli 29, 2010

Posted by muktihadid in Artikel, lembing.
trackback

lembing si kutu kupretMungkin tidak semua orang tahu apa itu Lembing si Kutu Hitam, apa lagi orang-orang yang tinggal di perkotaan, dia biasanya ada di daerah pedesaan yang masih banyak persawahannya.

Dinamai lembing karena bentuk tubuhnya seperti lembing, alat untuk melempar dalam olahraga atletik. Sampai kini, lembing si kutu hitam merupakan hama tanaman yang sangat ditakuti para petani sebab belum ada obatnya sampai sekarang. Kehadiranya pun hanya di malam hari, dan anehnya dia hanya datang pada saat akan datang bulan purnama saja, yaitu antara tanggal 13-25 tiap bulan hijriah.

Jika predator ini menyerang sawah, maka padi-padi akan gosong, dan bila ia hinggap di mata kita, efeknya mata kita menjadi perih. Ia seperti laron-laron yang mencari cahaya lampu untuk saling beterbangan ria bersama kawanannya, suaranya seperti bising kapal jet tempur menginvasi daerah targetnya, entah apa maunya? Jika ia mendatangi suatu tempat maka ia akan hinggap di pojok-pojok tembok, pagar, tiang dan menggerayangi seluruh ruangan seperti panser perang menyerbu musuhnya. Bangkainya sangat banyak berserakan kemana-kemana disekitar tempat yang ia datangi, sebab satu ekor betina lembing dapat bertelur sebanyak sekitar 500 larva walaupun memang hidupnya sangat singkat, dan baunya sangat menyengat. Kehadirannya sangat mengganggu aktifitas manusia.

Untungnya ia datang hanya pada saat akan purnama dan sesudahnya, namun jika ia datang ke tempat anda, siap-siap saja anda bergelap gulita ria, seperti hidup dalam goa, karena harus mematikan lampu agar lembing tidak masuk ke tempat anda.

Ah, andai saja ku tahu apa maksud diciptakannya lembing si kutu hitam yang menyebalkan itu, pastilah gelar profesor lembing si kutu hitam akan mengekor bersama inisial namaku, atau mungkin di inisisal nama anda !

Iklan

Komentar»

1. Risda - November 26, 2013

Hahahaha ane kasih deh gelar profesor doktor si kutu hitam buat ente hihihihihi.. Tapi kalo pengalaman ane pribadi nih, si kutu ini datangnya sehabis hujan lho..uda macam pelangi yah hihihi. Dan satu lagi, dia lebih suka ketempat yang gelap2. Jadi kurasa kalimat ente diatas yang bilang “siap2 bergelap ria” itu kurang pas deh gan..coz dia justru sukanya ketempat yang gelap.. Begitu sih yang kualami.. Tapi intinya kita sama2 tidak senang dengan kehadirannya. Kalo si kutu dimatiin, ya ampun…dia ada baunya yg khas menusuk dan tajam.. Benar2 aneh.. Salam kenal gan..

2. muktihadid - Mei 6, 2014

hahaha makasih Mba Risda atas pemberian gelarnya hihihi emangnya tiker apa digelar. iya sih si lembing suka jg ditempat gelap tp dia lbh suka di tmt terang spt laron gitu mbak Risda. Salam kenal juga ya

3. Emill - Desember 20, 2015

Bener tuh buat mas admin, setauku juga lembing lebih suka tempat yang terang, karena dirumahku ada beberapa lampu, salahsatunya lampunya sangat terang dan disitulah lebih banyak terdapat lembing. klo mba risda jalan2 waktu malam dimusim lembing mungkin akan lebih percaya karna hanya dibawah lampu jalan banyak sekali lembing.

4. muktihadid - Desember 22, 2015

Ada kabar yang menggembirakan sobat, ternyata “lembing si kutu hitam” ini bangkainya dapat dimanfaatkan untuk pakan ayam dan pupuk tanaman. Jadi memang benarlah bahwa tidak ada yang sia-sia setiap sesuatu yang diciptakan oleh Allah Sang Maha Pencipta, pasti ada manfaat dibalik penciptaan-Nya bagi kehidupan di alam dunia ini.

5. asepfahruroji - Januari 8, 2016

tu asalnya dr hewan apa yaa kalo laron kan dari rayap

muktihadid - Januari 8, 2016

Serangga ini dapat bertelur sampai 800 butir. Telurnya di letakkan dalam kelompok 20 – 50 butir dibawah daun. Dalam 4 – 5 hari, telur akan menetas dan keluarlah larvanya yang berduri. Larva ini sangat rakus. Pada waktu senja, larva bergerak di permukaan daun atas. Pupanya hidup dengan cara berkelompok di daun, tangkai, atau batang. Lembing ini juga sangat rakus dan dapat hidup lebih dari 3 bulan

6. Ahmad samarin Hasibuan - Maret 1, 2016

Ya…sebenarnya si lembing sangat tertarik dengan cahaya, makanya serdadu perang itu menyerang perkampungan penduduk. Akan tetepi serdadu ini menyerang karna tempat hidup mereka dirumpun rumpun padi sudah tidak ada lagi dalam artian….ya tanaman padi masyarakat sudah nyampe rumah..

7. Justinus Henry - Maret 24, 2016

Semalam saya baca berita, “bahwa malam ini bulan purnama”.
Dan waktu itu ada beberapa lembing yg udah masuk di kamar… ga banyak… sekitar 2 – 3 biji…
Makin malam, jadi makin banyak… di bersihin ada lagi… di bersihin muncul lagi….. pertama saya tidak tau apa jenis binatang ini.

hari ini teman saya datang. dan saya tanyalan… binatang apa sih ini… dia bilang lembing.

search di google… baca yg katanya hanya muncul saat bulan purnama…. saya baru ingat berita semalam yg saya baca….

8. Ajeng - September 18, 2016

Binatang ini beracun ga ya? Anak saya maen di sekitar sawah, pas banyak kutu lembing ini. Ga lama dia nangis kesakitan. Saya cek tangannya merah sebesar logam aga membiru sedikit. Besoknya bentol seluruh tangan, tp hanya di bagian tangan yg digigit.

muktihadid - September 28, 2016

si lembing kutu hitam ini memang mempunyai semacam cairan yang kalau kena mata perih, tapi tdk beracun. jika ada anggota tubuh yg digigit akan terasa panas, namun dlm bbrp hari jg membaik spt sedia kala apa lg jk diolesi minyak tawon dpt lbh cepat membaik. semoga anaknya cepat sembuh ya mbak Ajeng


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Juli 2010
    S S R K J S M
    « Jun   Agu »
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    262728293031  
  • Kategori

  • Arsip

  • Tulisan Teratas

  • Tulisan Terakhir

  • Komentar Terbaru

    muktihadid di Misteri Lembing si Kutu H…
    Ajeng di Misteri Lembing si Kutu H…
    Ketchupz Bowo di Kenapa Hari Ahad dirubah Menja…
    Justinus Henry di Misteri Lembing si Kutu H…
    Ahmad samarin Hasibu… di Misteri Lembing si Kutu H…
  • Blog Stats

  • Klik tertinggi

  • Meta

  • ALWAQTU KASYOIF

  • Pengunjung

    Locations of visitors to this page
  • %d blogger menyukai ini: