jump to navigation

Kenapa Kok China Bisa Maju November 29, 2010

Posted by muktihadid in Artikel.
trackback

Kebangkitan ekonomi China menyaingi hegemoni kekuatan ekonomi Barat (Amerika dan Eropa) dan sekutu setianya dari Asia yaitu Jepang, pertanda perubahan tata dunia baru mulai berlangsung dalam panggung peradaban dunia saat ini. Kini China menjadi negara dengan cadangan devisa terbesar di dunia dan mengalami surplus perdagangan dengan negara manapun ia berbisnis. Hingga membuat berang negara-negara barat wabil khusus USA yang menjadi negara Adidaya saat ini.

Fenomena ini sangat kontras dengan sambutan negara-negara di Asia-Afrika, terutama bagi negara-negara berkembang dan miskin, mereka berharap China mempunyai solidaritas yang tinggi memberikan bantuan finansial dalam bentuk kerjasama setara yang saling menguntungkan kedua belah pihak atau alih teknologi untuk pengembangan kemajuan sumber daya manusia. Sehingga kemajuan dan kesejahteraan juga dirasakan oleh semua negara-negara di Asia-Afrika.

Abad 21 adalah Abad Asia, bukanlah isapan jempol belaka, kemajuan dari segala bidang kehidupan China sebagai pioneer negara di Asia menunjukkan akan hal itu. Beda dengan Jepang, walaupun merupakan negara maju di Asia dalam percaturan dunia, namun Jepang tidak mempunyai kemandirian dalam menetukan kebijakan politiknya, terbaca jelas sangat mengekor kepada kepentingan dunia Barat. Berbeda dengan China yang kini mampu menjadi kekuatan penyeimbang bagi hegemoni kekuatan dunia Barat yang semena-mena dan tidak adil dalam kancah pergaulan dunia internasional.

Faktor-faktor penunjang kebangkitan China yang mencengangkan dunia adalah :
1. Sistem Politik yang terpusat satu komando (hanya satu partai pemerintah yang berkuasa). Dimana ketuanya diangkat berdasarkan prestasi, kredibilitas bukan dari KKN. Kelebihan sistem satu komando adalah solidnya keputusan yang diambil untuk dijadikan kebijakan politik, sehingga tidak menimbulkan banyak pro dan kontra. Hal ini menjadikan kondisi politik kondusif dan solid terkendali. Sistem ini juga lebih baik dari sistem Dinasti kekaisaran China yang pernah berlangsung berabad-abad lamanya yang banyak menimbulkan pertumpahan darah karena perebutan kekuasaan untuk menduduki singgasana kursi kekaisaran.
2. Sistem Hukum yang tegas tanpa pandang bulu diterapkan kepada semua lapisan dan kalangan. “Sediakan 100 peti mati, 99 untuk koruptor dan satu untuk saya, bila saya korupsi”. (Mantan PM. China Zhu Rongji).
3. Sistem Ekonomi dengan penggabungan sistem sosialis dan kapitalis secara bijak atau Ekonomi Campuran artinya menerapkan kedua sistem tersebut disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan yang menguntungkan negara dan rakyat. Sehingga dapat mensejahterakan dan melindungi usaha-usaha rakyatnya.
(Ketika mereformasi perekonomian RRC, Deng Xiopeng, dicerca oleh kawan maupun lawan. Penghianat sosialisme, penghianat komunisme,pembela kapitalisme, antek kapitalis..cerca mereka.
Jawaban Deng enteng saja “Aku gak perduli kucing hitam atawa putih, yang penting bisa nangkap tikus!”
Bagi …Deng, kapitalis atau komunis gak penting, asal bisa mesejahterakan rakyat.
Dengan konkret Deng mengatakan “Sosialisme tidak berarti membagi kemiskinan sama rata sama rasa, Rakyat di negeri komunis harus sejahtera dan boleh kaya.”
“To be rich is glory” itu kata Deng Xiopeng,”.Kendali pemerintah dan pasar bebas bukan perbedaan utama antara sosialis dan kapitalis. Kendali pemerintah atas perekonomian tidak selalu identik dengan sosialisme, sebab kendali itu juga dibawah kapitalisme”.
“Sebaliknya pasar bebas bisa terjadi dibawah sosialisme.Kendali dan kekuatan pasar hanyalah cara untuk mengawasi kegiatan ekonomi”
Sejak itu Deng mengubah wajah RRC dari sosialis menjadi komunis yang kapitalis.
Kata-kata Deng tentang kucing hitam dan kucing putih sebenarnya juga adalah sebuah pernyataan politik.
Bukan hanya sekedar alat ,tapi juga sebuah target politik. Target utama Deng bukan hanya sekedar menjadi pemegang kekuasaan tertinggi, melainkan untuk mesejahterakan rakyat RRC.
Untuk itu ia pasang badan, bahkan harus sampai melakukan pelanggaran HAM dalam peristiwa Tiananmen.
Agar target tercapai ia tidak mempertentangkan sosialis dengan kapitalis. Ia justru memanfaatkan struktur sosial yang telah dibangun Mao, dan menempelinya dengan ekonomi kapitalis.
Populasi penduduk milyaran jiwa, ia lihat sebagai berkah bukan musibah. Maka ditengah resesi dunia,saat ini RRC bisa berbangga menjadi negara dengan pertumbuhan yang tinggi dengan cadangan devisa terbesar didunia. http://archive.kaskus.us/thread/3617065)
4. Pembangunan yang berbasis pedesaan, semua sumberdaya dan modal dikerahkan untuk kemajuan seluruh desa, sehingga pembangunan dan kesejahteraan merata di semua daerah, pengangguran dan kriminalitas bisa teratasi dengan baik dan pemusatan perputaran uang dan pembangunan tidak terjadi hanya di pusat pemerintahan saja.

Pantas saja kalau China dapat maju seperti sekarang ini, karena kolaborasi antara spirit ajaran konfusius, sosialisme dan kapitalisme diramu menjadi satu untuk satu tujuan yaitu bagi kesejahteraan dan kemakmuran rakyat RRC. Ini menandakan toleransinya pemerintahan China terhadap paham-paham ajaran yang berlaku di dunia selama menguntungkan bagi kemajuan dan kesejahteraan bangsa dan negaranya.

Kita semua pasti sangat mendambakan munculnya Negara Adi Kuasa baru yang lebih berpihak kepada nilai-nilai kemanusiaan yang universal yaitu Penguasa Dunia yang penuh dengan Toleransi dan Perdamaian.

Namun, Negara manakah itu ? Hanya sang waktulah yang mampu menjawab misteri ini…………..

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • November 2010
    S S R K J S M
    « Agu   Des »
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
    2930  
  • Kategori

  • Arsip

  • Tulisan Teratas

  • Tulisan Terakhir

  • Komentar Terbaru

    muktihadid di Misteri Lembing si Kutu H…
    Ajeng di Misteri Lembing si Kutu H…
    Ketchupz Bowo di Kenapa Hari Ahad dirubah Menja…
    Justinus Henry di Misteri Lembing si Kutu H…
    Ahmad samarin Hasibu… di Misteri Lembing si Kutu H…
  • Blog Stats

  • Klik tertinggi

  • Meta

  • ALWAQTU KASYOIF

  • Pengunjung

    Locations of visitors to this page
  • %d blogger menyukai ini: