jump to navigation

Kenapa Hari Ahad dirubah Menjadi Hari Minggu Januari 2, 2011

Posted by muktihadid in Artikel, issue.
trackback

Hari Ahad adalah hari pertama dalam bahasa Arab, pada kalender nasional diganti penyebutannya dengan hari Minggu yang merupakan bahasa saduran dari bahasa Portugis “Domingo”, yang berarti hari Tuhan. Ini berdasar-kan kepercayaan Kristen bahwa pada hari itu Yesus bangkit. Dalam bahasa Melayu yang lebih awal, kata ini dieja sebagai Dominggu. Baru sekitar akhir abad ke 19 dan awal abad ke 20, kata ini dieja sebagai Minggu.

Kata minggu (m dalam huruf kecil) berarti pekan, satuan waktu yang terdiri dari tujuh hari.

Terlepas dari apa pun penyebutannya, hari Ahad atau Minggu. Sunday atau Aditya, Raditya, Redite atau Dite yang diambil dari bahasa Sansekerta dan berarti matahari, ternyata hari tersebut mengandung pengertian yang sama dalam hal Ketuhanan.

Dalam Islam, Ahad artinya satu dalam bahasa Arab, yang bermakna bahwa Tuhan manusia itu hanya Satu atau Esa, yaitu Allah Swt. Tuhan pencipta alam semesta beserta isinya, Dialah yang menciptakannya, merawatnya, menjaganya bahkan mungkin suatu masa nanti menghancurkannya.

Hari Minggu adalah sebuah hari libur. Untuk umat Kristen, hari ini merupakan hari untuk beristirahat dan beribadah. Hari Minggu adalah hari untuk beristirahat dan beribadah kepada dewa matahari dalam agama pagan.

Bangsa Portugis selama kurang lebih 85 tahun (1511 M – 1596 M) berinteraksi dengan Nusantara, peninggalannya yang masih membekas sampai hari ini adalah dirubahnya hari Ahad menjadi Minggu pada penanggalan nasional. Padahal ada tujuh hari dalam penanggalan nasional yang berasal dari saduran bahasa Arab, namun hanya satu yang dirubah yaitu hari Ahad.

Apakah penggantian nama hari Ahad menjadi Minggu untuk menandakan pernah berhegemoninya Portugis di bumi Nusantara, atau sebagai tanda tingginya toleransi bangsa Indonesia terhadap nilai-nilai atau budaya dari luar?

Memang setiap istilah pasti ada makna yang tersurat dan tersirat di dalamnya. Ambil positifnya saja, perbedaan penyebutan nama hari Ahad atau Minggu menambah khasanah bahasa Indonesia lebih berwarna.

Bagaimana menurut Anda ?

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Minggu

Iklan

Komentar»

1. Irmadani - Januari 28, 2011

Jadi semestinya penyebutan nama-nama hari dlm sepekan harus dimulai darihari ahad dan diakhiri sabtu yang berarti hari ketujuh.

2. muktihadid - Januari 31, 2011

Memang demikian seharusnya jika berdasarkaan Kalender Hijriyah, mungkin suatu masa nanti akan kembali pada penyebutan asalnya, yaitu Ahad. Sebab Ahad mengingatkan kita akan kembalinya semua kehidupan kepada sumber asalnya yaitu Ahad / Allah swt.

3. teddy - April 18, 2011

oo… jadi kata ‘minggu’ itu diambil dari kata ‘domingo’ yg artinya ‘hari Tuhan’? Sebagai muslim saya jadi enggan pakai kata ‘minggu’ lagi, karna tidak ada dalam ajaran Islam, tapi lebih ke’ajaran “sebelah”. mending pakai kata ‘ahad’ yg lebih bermakna artinya.. Menurut saya arti kata itu penting, jangan sampai kita berkata yg kita tidak tahu apa artinya, terlebih bila tidak sesuai dengan ajaran agama Islam, yah…untuk lebih berhati-hati saja..
Terimakasih infonya, wasallam…

4. Putra - Mei 1, 2011

AsTAUfirullah trNYta min9gu it lbiH BERat kpd agma slain isLAM,se tau Ku,ALLAH jg menciPTAKAN BUMI ne hr ahad,hr pRTAMA,Mka sbgai umat musLIM,aQ AKn pke hr ahad dlm pen9uCpan ny,trimakasiH INFO ny y

5. 14H.A.B.H - Juli 22, 2011

semua sudah diatur sama Allah swt. kalau kita hanya berpacu sama bahasa arab maka, kita tidak akan tahu arti kehidupan yang sebenarnya. ya beginilah kehidupan diciptakan bermacam-macam bahasa, suku, budaya,negara dan agama. supaya kita saling mengenal. hanya kembali kepada Al-qur’an dan Al-Hadist semua akan terjawab.

6. Kriztanu - April 7, 2012

hanya satu hari saja dan kalian keberatan?

7. Taufik - Juli 11, 2012

Wah, ternyata hari ahad lebih ke agama kristen ya, kurang ajar selama ini kita ditipu mentah2, mulai sekarang gak mau lagi pake kata minggu! sebarkan ke teman2 kita sesama muslim! Benar2 kristen agama setan, waktu beribadah pun sama dengan agama pagan!

8. yoga - Desember 13, 2012

Hari sabtu berasal dari bahasa ibrani. ini bahasa arab juga nggak? kan diartikel dibilang semua berasal dari bahasa arab kecuali minggu…

xzczxccx - Januari 28, 2016

sabat itu juga bahasa arab boss….

Ketchupz Bowo - September 7, 2016

Sabtu itu diambil dari angka 7 “sab’atun” jdi “sabthi”

9. muktihadid - Desember 14, 2012

Sabtu adalah hari ketujuh dalam satu pekan. Kata sabtu diambil dari bahasa Ibrani, sabbat (שבת) yang berarti “dia berhenti”.
Hari Sabtu adalah hari istirahat dan hari beribadatnya umat Yahudi. Sabtu adalah Hari Ketujuh Sabat. Hari perhentian Tuhan setelah menciptakan bumi dan seisinya (Alkitab). Hari Sabat diciptakan untuk umat Kristiani dan Yahudi (Keluaran 20:8-11). Pada abad pertama Umat Kristen menguduskan Sabtu. Semua itu mulai dilupakan sejak Constantin mengubah Hari Sabat dari Hari Sabtu ke Hari Minggu. Constantin membuat Hari Minggu sesuai kepercayaan Romawi (Hari penyembahan Dewa Matahari). Itulah sebabnya Umat Kristen sekarang menguduskan Hari Minggu. Hanya ada beberapa denominasi Kristen yang menguduskan Hari Sabtu (Sabat) yaitu Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh, Gereja Yesus Sejati, Baptis Hari Ketujuh, United Church of God , an International Association, Messianic Judaism (Yahudi yang percaya bahwa Yesus adalah Mesias Yahudi/Tuhan), Gereja Ortodoks Ethiopia Tewahedo, dan Gereja Jemaat Allah Global Indonesia (Gereja Unitarian Indonesia).

10. tigorpanggabean - Mei 26, 2013

Ahad artinya pertama, sesuai dengan hari penciptaan bumi yg diciptakan Allah selama 7 hari.. Sabtu menurut saya berasal dari sapta artinya tujuh.. hari sabtu, artinya hari ke-7 sesuai dengan penciptaan.. fenomena yg terjadi sekarang, Minggu mulai dianggap masyarakat sebagai hari ke-7.. akhir pekan yg dulunya sabtu, sekarang malah disebut pada hari minggu… ibu Sud sendir salah bikin lagu nama2 hari… Minggu masuk urutan ke-7… unik bukan.. adakah satu skenario dahsyat dibelakang itu.. perubahan atas hari penciptaan… ?

11. super dede - September 21, 2015

jadi mulai dari hari ini sampai selanjutnya harus membiasakan mengganti kata minggu dengan ahad…

12. cikal - Desember 11, 2015

Ming.. Go…!
=
Pergi kegereja..!

13. Abrar - Desember 11, 2015

ming…go…!
=
Pergi kegereja…!

14. Syifa Maulizahra - Februari 19, 2016

Ahad saja yuks .. terimakasih share nya ya…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Januari 2011
    S S R K J S M
    « Des   Feb »
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930
    31  
  • Kategori

  • Arsip

  • Tulisan Teratas

  • Tulisan Terakhir

  • Komentar Terbaru

    muktihadid di Misteri Lembing si Kutu H…
    Ajeng di Misteri Lembing si Kutu H…
    Ketchupz Bowo di Kenapa Hari Ahad dirubah Menja…
    Justinus Henry di Misteri Lembing si Kutu H…
    Ahmad samarin Hasibu… di Misteri Lembing si Kutu H…
  • Blog Stats

  • Klik tertinggi

  • Meta

  • ALWAQTU KASYOIF

  • Pengunjung

    Locations of visitors to this page
  • %d blogger menyukai ini: