jump to navigation

Jeli Memilih Produk Plastik Februari 14, 2012

Posted by muktihadid in Artikel, produk plastik.
Tags: ,
trackback

PRODUK plastik sebagai wadah makanan yang beredar di masyarakat saat ini sangat beragam, mulai dari warna, bentuk, fungsi, kualitas hingga harga. Setiap produk menawarkan kelebihannya masing-masing sehingga para konsumen dituntut memilih dengan jeli.
Pasalnya, memilih wadah makanan yangterbuat dari plastik bukanlah perkara remeh. Salah pilih, kesehatan pemakai yang menjadi taruhannya. Apalagi kebanyakan pemakainya adalah anak-anak yang memakai wadah bekal atau botol air minum ketika berada di sekolah. Sebaiknya orangtua tidak memilih wadah makanan hanya karena bentuk dan warnanya yang bagus atau harganya yang murah semata. Pilihlah yang aman bagi kesehatan.
Sekilas memang semua wadah plastik tampak sama. Namun tidak perlu cemas karena membedakan wadah plastik yang aman dan berbahaya bagi kesehatan ternyata tidak sulit. Ketika memilih, perhatikan tanda-tanda yang terdapat di bagian bawah wadah Bila terdapat gambar garpu dan gelas, wadah plastic itu aman digunakan untuk makanan dan minuman.
Kemudian jika ada gambar tiga panah yang menghasilkan bentuk segitiga dengan angka lima di dalamnya berikut tulisan “PP” di bawah segitiga, wadah tersebut juga aman. Selain itu, tanda yang menyatakan wadah plastik aman digunakan adalah tulisan “food grade” atau approved by FDA”.
Sebaiknya, hindari membeli produk yang sama sekali tidak memiliki merek atau tanda. Bahkan, pastikan juga merek wadah plastik yang Anda beli telah dipatenkan sebab banyak ditemukan wadah plastic dengan merek yang belum dipatenkan dijual ke masyarakat. Definisi merek yang paten sendiri berarti telah lulus uji standar dan produknya aman digunakan.
Kenali juga tanda-tanda lain yang terdapat di bawah wadah karena wadah makanan yang aman pun memiliki daya tahan yang berbeda. Ada wadah plastik yang dapat digunakan di microwave, ditandai dengan gambar garis bergelombang di dalam kotak. Sementara itu, wadah plastik yang tertera gambar dua garis horizontal yang terdapat di dalam kotak aman digunakan di oven.
Kendati wadah plastik yang Anda pilih adalah wadah yang aman, ada baiknya tidak mengisinya dengan makanan atau minuman yang panas serta beraroma tajam. Hal ini supaya wadah plastik Anda tidak cepat rusak penampilannya dan tahan lama digunakan. Selamat memilih wadah plastik yang aman serta sesuai dengan kebutuhan Anda.

source: KOMPAS Cetak, KLASIKA hal 45 / Jum’at, 10 Februasri 2012

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Februari 2012
    S S R K J S M
    « Sep   Jul »
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    272829  
  • Kategori

  • Arsip

  • Tulisan Teratas

  • Tulisan Terakhir

  • Komentar Terbaru

    muktihadid di Misteri Lembing si Kutu H…
    Ajeng di Misteri Lembing si Kutu H…
    Ketchupz Bowo di Kenapa Hari Ahad dirubah Menja…
    Justinus Henry di Misteri Lembing si Kutu H…
    Ahmad samarin Hasibu… di Misteri Lembing si Kutu H…
  • Blog Stats

  • Klik tertinggi

  • Meta

  • ALWAQTU KASYOIF

  • Pengunjung

    Locations of visitors to this page
  • %d blogger menyukai ini: