jump to navigation

Wejangan Luhur

“Cita-cita Terbesar”

Apa rahasia terbesar dalam hidup ini?

Melewati hari ini dengan penuh makna.

Makna tentang cinta, ilmu dan iman.

Dengan cinta hidup menjadi indah.

Dengan ilmu hidup menjadi mudah.

Dengan iman hidup menjadi terarah.

Memang, warna hidup senantiasa tergantung pada rona Kaca mata yang kita pasang.

Kaca mata kelabu mengubah segala sesuatu tampak serba kelabu. Hidup pun tertatap suram.

Kaca mata bening menjadikan segala sesuatu tampak serba cerah. Hidup pun terpantul indah.

Kaca mata buruk sangka dan kebencian menjerumuskan kita ke dalam hidup penuh rasa dendam dan curiga.

Kaca mata kedamaian akan membimbing kita ke dalam hidup penuh kedamaian.

Hidup tentu menjadi baik kalau dipandang dari sudut yang baik. Berpikir baik tentang diri sendiri. Berpikir baik tentang orang lain. Berpikir baik tentang keadaan. Berpikir baik tentang Tuhan.

Berpikir baik niscaya berbuah baik.

Relasi antar anggota keluarga dipenuhi kehangatan.

Relasi antar kawan diwarnai rasa saling percaya.

Relasi antar tetangga dijalani keakraban.

Pekerjaan menjadi menyenangkan. Dunia menjadi ramah. Hidup menjadi indah. Kesadaran akan semua itu pastilah harus ditumbuhkan, berbareng niat yang bulat untuk mewujudkannya. Memperkuat diri dengan keimanan dan hati nurani, itulah jalan penuh rahmat.

“Berani Mencoba”

Ada kalanya kita ragu-ragu dengan segala tugas pekerjaan yang begitu terasa berat. Namun sebenarnya kalau kita sudah menjalankannya, kita ternyata mampu. Bahkan yang semula kita anggap impossible untuk dilakukan sekalipun. Jangan berkata “tidak” sebelum Anda pernah mencobanya!

“Terus Berkarya”

Jangan berhenti. Bukan karena berhenti akan menghambat laju kemajuan Anda. Namun sesungguhnya alam mengajarkan bahwa kita tak akan pernah bisa berhenti. Meski kita berdiam diri di situ, bumi tetap mengajak kita mengelilingi matahari. Maka, bergeraklah, bekerjalah, berkaryalah. Bekerja bukan sekedar untuk meraih sesuatu. Bekerja memberikan kebahagiaan diri. Itulah yang diharapkan oleh alam dari kita.

Air yang tak bergerak lebih cepat busuk.

Kunci yang tak pernah dibuka lebih mudah serat.

Mesin yang tak dinyalakan lebih gampang berkarat.

Hanya perkakas yang tak digunakanlah yang disimpan dalam laci berdebu. Alam telah mengajarkan ini.

Jangan berhenti berkarya, atau Anda segera menjadi tua dan tak berguna.

“Nama Baik”

Siapapun yang telah kehilangan nama baik sekali saja, tak kan pernah bisa mendapatkan nama baik lagi.

“Kaca, Porselen dan nama baik, adalah sesuatu yang gampang sekali pecah, dan tak akan dapat direkatkan kembali tanpa meninggalkan bekas yang nampak.” (Benyamin Franklin).

“Dalam masalah hati nurani, pikiran pertamalah yang terbaik. Dalam masalah kebijaksanaan, pemikiran terakhirlah yang paling baik.” (Robert Hall).

“Tentang Waktu”

Ambillah waktu untuk berpikir, itu adalah sumber kekuatan.

Ambillah waktu untuk bermain, itu adalah rahasia dari masa muda yang abadi.

Ambillah waktu ntuk berdoa, itu adalah sumber ketenangan.

Ambillah waktu untuk belajar, itu adalah sumber kebijaksanaan.

Ambillah waktu untuk mencintai dan dicintai, itu adalah hak istimewa yang diberikan Tuhan.

Ambillah waktu untuk bersahabat, itu adalah jalan menuju kebahagiaan.

Ambillah waktu untuk tertawa, itu adalah musik yang menggetarkan hati.

Ambillah waktu untuk memberi, itu adalah membuat hidup terasa berarti.

Ambillah waktu untuk bekerja, itu adalah nilai keberhasilan.

Ambillah waktu untuk beramal, itu adalah kunci menuju surga.

“Carilah apa yang Anda cintai dari pekerjaan Anda. Hidup hanya sekali.

Tiada yang lebih indah selain melakukan pekerjaan dengan rasa cinta yang tulus!

“Pepatah mengatakan bahwa ribuan km langkah dimulai dengan satu langkah. Sebuah langkah besar sebenarnya terdiri dari banyak langkah-langkah kecil. Dan langkah pertama keberhasilan harus dimulai dari rumah. Rumah yang paling baik adalah hati. Itulah sebaik-baik tempat untuk memulai dan untuk kembali. Karena itu mulailah kemajuan dengan memajukan hati, kemudian pikiran dan usaha-usaha.

Ketekunan hadir bila apa yang dilakukan benar-benar berasal dari hati.”

“Kata pepatah: matahari pagi tak akan terbit dua kali untuk membangunkan orang yang tertidur nyenyak. Kesempatan pun tak kan mengetuk dua kali agar Anda mau membukakan pintu keputusan Anda. Bila, toh ia datang lagi, ia menampakkan wajah yang berbeda. Dan, kesempatan terbaik yang Anda miliki adalah hidup yang hanya sekali ini. Pergunakanlah bukan hanya sebaik-baiknya, namun yang terbaik-baiknya.”

 

“Masalah adalah Tantangan”

Bila Anda menganggap masalah sebagai beban, Anda mungkin akan menghindarinya. Bila Anda menganggap masalah sebagai Tantangan, Anda mungkin akan menghadapinya. Namun, masalah adalah hadiah yang dapat Anda terima dengan suka cita. Dengan pandangan tajam, Anda melihat keberhasilan dibalik setiap masalah. Masalah adalah anak tangga menuju kekuatan yang lebih tinggi. Maka hadapi, ubahlah menjadi kekuatan untuk sukses Anda. Tanpa masalah, Anda tak layak memasuki jalur keberhasilan. Bahkan hidup ini pun masalah, karena itulah terima sebagai hadiah. Bila Anda tak berani mengatasi masalah, Anda tak akan menjadi seseorang yang sejati !!!

“Tak semua menjadi nahkoda, tentu ada awak kapalnya. Bukan besar kecilnya tugas yang menjadikan tinggi rendahnya dirimu. Jadilah saja dirimu, sebaik-baiknya dirimu sendiri.”

“Kejujuran adalah mata uang yang laku dimana-mana. Bawalah sekeping kejujuran dalam saku Anda, itu melebihi mahkota raja diraja sekalipun.” (Pepatah Kuno).

“Semua orang tidak perlu menjadi malu karena pernah berbuat kesalahan, selama ia menjadi lebih bijaksana dari sebelumnya.” (Alexander Pope).

“Apabila kamu tidak dapat memberikan kebaikan kepada orang lain dengan kekayaanmu, berilah mereka kebaikan dengan wajahmu yang berseri-seri, disertai akhlak yang baik.” (Nabi Muhammad saw).

“Jadilah kamu manusia yang pada kelahiranmu semua orang tertawa bahagia, tetapi hanya kamu sendiri yang menangis, dan pada kematianmu semua orang menangis sedih, tetapi hanya kamu sendiri yang tersenyum.” (Mahatma Gandhi).

“Bila tak seorang pun berbelas kasih pada kesulitan Anda, atau, tak ada yang mau merayakan keberhasilan Anda atau tak seorang pun bersedia mendengarkan, memandang, memperhatikan apa pun pada diri Anda. Jangan masukkan ke dalam hati. Manusia selalu disibukkan oleh urusannya sendiri. Manusia kebanyakan mendahulukan kepentingannya sendiri. Anda tak perlu memasukkan itu ke dalam hati. Karena hanya akan menyesakkan dan membebani langkah Anda. Ringankan hidup Anda dengan memberi pada orang lain. Semakin banyak Anda memberi semakin mudah Anda memikul hidup ini.

Berdirilah di depan jendela. Pandanglah keluar. Tanyakan pada diri sendiri, apa yang bisa Anda berikan pada dunia ini. Pasti ada alasan kuat mengapa Anda hadir di sini. Bukan untuk merengek atau meminta dunia menyanjung Anda. Keberadaan Anda bukan untuk kesia-siaan. Bahkan seekor cacing pun dihidupkan untuk menggemburkan tanah. Dan, sebongkah batu dipadatkan untuk menahan gunung. Alangkah hebatnya Anda dengan segala kekuatan yang tak dimiliki siapapun untuk mnegubah dunia. Itu hanya terwujud bila Anda mau memberikannya.”

“Jangan kehilangan harapan. Bukankah seorang guru dunia pernah berujar, karena harapanlah seorang ibu manyusui anaknya. Karena harapanlah kita menanam pohon meski kita tahu kita tak kan sempat memetik buahnya yang ranum bertahun-tahun kemudian. Sekali kau kehilangan harapan, kau kehilangan seluruh kekuatanmu untuk menghadapi dunia.”

 

“Kita percaya kata-kata yang santun, sopan, penuh dengan motivasi, bernilai dukungan, memberikan kontribusi positif dalam setiap langkah manusia. Ujaran-ujaran yang bersemangat, tutur kata yang membangun, selalu menghadirkan sisi terbaik dalam hidup kita. Ada hal-hal yang mempesonakan saat kita mampu memberikan kebahagiaan kepada orang lain. Menyampaikan keburukan, sebanding dengan setengah kemuraman, namun menyampaikan kebahagiaan akan melipat gandakan kebahagiaan itu sendiri.”

“Jika Anda membuat seseorang bahagia hari ini, Anda juga membuat dia berbahagia dua puluh tahun lagi, saat ia mengenang peristiwa itu.” (Sydney Smith).

“Orang bijak bilang bahwa sahabat adalah satu jiwa dalam tubuh yang berbeda. Dan sahabat Anda yang terdekat adalah keluarga Anda. Barangkali, itulah mengapa bersahabat meringankan beban Anda, karena di dalam persahabatan tidak ada perhitungan. Di sana Anda belajar menghindari hal-hal yang tidak Anda setujui, dan senantiasa mencari hal-hal yang Anda sepakati. Itu juga mengapa persahabatan adalah kekuatan. Sebagaimana kata pepatah, hidup tanpa teman, mati pun sendiri.”

“Manusia yang paling lemah ialah orang yang tidak mampu mencari teman. Namun yang lebih lemah dari itu ialah orang yang mendapatkan banyak teman tetapi menyia-nyiakannya.” (Ali b Abi Thalib).

“Agar tahu pentingnya waktu SETAHUN, tanyakan pada murid yang gagal kelas.

Agar tahu pentingnya waktu SEBULAN, tanyakan pada ibu yang melahirkan bayi prematur.

Agar tahu pentingnya waktu SEMINGGU, tanyakan pada editor majalah mingguan.

Agar tahu pentingnya waktu SEJAM, tanyakan pada kekasih yang menunggu untuk bertemu.

Agar tahu pentingnya waktu SEMENIT, tanyakan pada orang yang ketinggalan pesawat terbang.

Agar tahu pentingnya waktu SEDETIK, tanyakan pada orang yang baru saja terhindar dari kecelakaan.

Agar tahu pentingnya waktu SEMILIDETIK, tanyakan pada peraih medali perak Olimpiade.”

“Kebahagiaan tergantung pada apa yang dapat Anda berikan, bukan pada apa yang Anda peroleh.” (Mohandas Gandhi).

“Keberhasilan tidak diukur dengan apa yang telah Anda raih, namun kegagalan yang telah Anda hadapi, dan keberanian yang membuat Anda tetap berjuang melawan rintangan yang datang bertubi-tubi.” (Orison Sweet Marden).

“Urusan kita dalam kehidupan ini bukanlah untuk mendahului orang lain, tetapi untuk melampaui diri kita sendiri, untuk memecahkan rekor kita sendiri, dan untuk melampaui hari kemarin dengan hari ini.” (Stuart B. Johnson).

“Saya telah mempelajari kehidupan pria-pria besar dan wanita-wanita terkenal, dan saya menemukan bahwa mereka yang mencapai puncak keberhasilan adalah mereka yang melakukan pekerjaan-pekerjaan yang ada di hadapan mereka dengan segenap tenaga, semangat dan kerja keras.” (Harry S. Truman).

“Bila Anda menganggap hidup adalah suatu tugas, terimalah.

Bila Anda menganggap hidup adalah suatu beban, pikullah.

Bila Anda menganggap hidup adalah suatu harta karun yang tak terhingga, berbagilah.

Kerjakan yang terbaik dari diri Anda. Tujuan hidup akan Anda temukan di saat Anda menjalalani perjalanan Anda. Dan yang terpenting, Anda tak kan menemukan apa-apa bila diam dan tak melakukan sesuatu pun.”

“Tak ada rahasia untuk menggapai sukses. Sukses itu dapat terjadi karena Persiapan, Kerja keras, dan mau belajar dari kegagalan.” (General Colin Powell).

“Orang yang luar biasa itu sederhana dalam ucapan, tetapi hebat dalam tindakan.” (Confusius).

“Setiap pria dan wanita yang sukses adalah pemimpi-pemimpi besar. Mereka berimajinasi tentang masa depan mereka, berbuat sebaik mungkin dalam setiap hal, dan bekerja setiap hari menuju visi jauh ke depan yang menjadi tujuan mereka.” (Brian Tracy).

“Lakukan semua kebaikan yang dapat anda lakukan, dengan segala kemampuan Anda, dengan semua cara yang Anda bisa, disegala tempat, setiap saat, kepada semua orang, selama Anda bisa.” (Samuel Wesley).

“Banyak kegagalan dalam hidup ini dikarenakan orang tidak menyadari betapa dekatnya mereka dengan keberhasilan saat mereka menyerah.” (Thomas Alva Edison).

Komentar»

1. NICK LARDO - Maret 18, 2011

SEMUA WEJANGAN YANG TELAH DI TULISKAN SANGAT BERMANFAAT SEKALI BUAT SAYA UNTUK DAPAT MELANGKAH LEBIH BERANI DAN LEBIH YAKIN AKAN AJARAN KEBENARAN

2. madewi dana - November 28, 2011

bagus,….. bacalah dan resapi menjadikan diri ini sempurna, tenang dan bahagia

3. henry sanada - Oktober 4, 2012

tanpo kitab tanpo tinulis tanpo moco, iku wejangan guru waskito….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Juli 2017
    S S R K J S M
    « Nov    
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930
    31  
  • Kategori

  • Arsip

  • Tulisan Teratas

  • Tulisan Terakhir

  • Komentar Terbaru

    muktihadid di Misteri Lembing si Kutu H…
    Ajeng di Misteri Lembing si Kutu H…
    Ketchupz Bowo di Kenapa Hari Ahad dirubah Menja…
    Justinus Henry di Misteri Lembing si Kutu H…
    Ahmad samarin Hasibu… di Misteri Lembing si Kutu H…
  • Blog Stats

  • Klik tertinggi

  • Meta

  • ALWAQTU KASYOIF

  • Pengunjung

    Locations of visitors to this page
  • %d blogger menyukai ini: